Call Center Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas : 1500-914    

  |    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

20 Nov 2019

Kisah Wali Kota Sibolga Kala Berkunjung ke Cerritos Library,California

California, Amerika Serikat-Di sela-sela kesibukan mengikuti pelatihan Regional & Urban Development Strategy (RUDS) ; "Human Resouces Development and Effective Leadership in Building a Competitive Regional Economy" di Universitas California Irvine, Amerika Serikat, Wali Kota Sibolga menyempatkan diri mengunjungi Cerritos Library, sebuah perpustakaan umum dan ruang baca bagi masyarakat, pada Rabu, (20/11).

Di tilik dari pengaturan, layanan hingga koleksi, Wali Kota Sibolga merasa bahwa apa yang dirasakan ternyata tidak jauh berbeda dengan ketika mengunjungi perpustakaan di Indonesia, khususnya di Perpustakaan Umum Kota Sibolga. Berbagai program yang telah diprakarsai Wali Kota sudah menyerupai dengan apa yang disaksikan dan dirasakan, mulai dari pengaturan buku, layanan berbasis IT, ketersediaan koleksi yang lengkap, hingga adanya ruangan khusus yang nyaman dan memanjakan serta menarik minat baca pemustaka untuk berlama-lama disini. Sejalan dengan fungsi perpustakaan yang bukan hanya tempat untuk membaca dan meminjam buku, namun juga dapat menjadi tempat rekreasi edukasi bagi masyarakat.

Namun, satu hal yang menjadi perhatian dan keharuan adalah ketika banyaknya orang tua yang mendampingi anak-anaknya untuk berkunjung ke perpustakaan mencari buku pelajaran dan buku cerita yang mengarah pada peningkatan gemar membaca sejak usia dini. Suatu budaya yang baik dan memotivasi sehingga peningkatan gemar membaca sejak dini bisa dilakukan sehinga kecerdasan masyarakat juga semakin meningkat.

Di masa depan, Wali Kota Sibolga melalui Dinas Perpustakaan Kota Sibolga diminta untuk terus berkoordinasi dengan Dinas Perpustakan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara maupun Perpustakaan Nasional RI demi meningkatkan fungsi perpustakaan yang mendukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Kota Sibolga sehingga seluruh perpustakaan di Kota Sibolga mampu menjadi starting point lahirnya enterprenuer-enterpreneur baru yang akan menggerakkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Kota Sibolga.

Reportase : Adin Bondar



Diunggah oleh admin (2019-11-25 08:27:22)