Call Center Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas : 1500-914    

  |    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

12 Nov 2019

Kaperpusnas: Perpusnas jamin akses digital untuk masyarakat

Senayan, Jakarta- Perpustakaan Nasional telah menyediakan akses seluas-luasnya kepada masyarakat yang ingin menikmati koleksinya secara digital. Yaitu melalui aplikasi-aplikasi seperti IOS, IPusnas, dan Khastara.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando saat menghadiri seminar perpustakaan bertajuk “Akses Lengkap Karya Bangsa” di Ruang Abdul Muis Komplek DPR RI Senayan, Selasa (12/11).

Syarif menjelaskan pentingnya peran perpustakaan sebagai institusi penjaga peradabadan. ”Perpustakaan harus bisa melestarikan karya-karya bangsa yang dimiliki agar  bisa menjadi jembatan pengetahuan masa lalu, kini, dan masa depan melalui koleksi-koleksinya,” jelasnya.

Dengan adanya perpustakaan digital, Perpusnas menjamin akses terhadap masyarakat agar lebih gemar membaca kapanpun dan dimanapun. “Karena membaca merupakan modal membangun bangsa,” tegas Syarif.

Syarif lebih lanjut menjelaskan, membaca menjamin keberlangsungan sebuah bangsa. Dengan membaca, masyarakat akan tahu sejarah, sehingga tahu bagaimana menghadapi masa depan. Serta bagaimana kehidupan dan nilai-nilai sebuah bangsa dibangun.

Anggota Komisi X DPR RI Ferdiasyah dalam kesempatan yang sama menyampaikan harapan perpustakaan akan terus berkembang. “Saya berharap perpustakaan akan bisa dihadirkan di beberapa tempat wisata, misalnya untuk wisata politik,” ujarnya.

Ferdi juga menjelaskan pentingnya meningkatkan kerjasama dengan Perguruan Tinggi agar e-resources jurnal tidak terjadi duplikasi dengan yang sudah ada, serta menyiapkan SDM yang lebih berkualitas dan infrastruktur yang lengkap dalam menghadapai masyarakat ekonomi Asean.

Turut hadir dalam kesempatan ini Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Woro Titi Haryanti dan Deputi Bidang Persidangan DPR RI Damayanti.

Reportase:  Eka Purniawati

Fotografer: Ahmad Kemal Nasution



Diunggah oleh admin (2019-11-13 06:13:07)