|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

13 Nov 2019

Sulawesi Tenggara Berencana Bangun Perpustakaan Modern

Salemba, Jakarta - Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan kunjungan kerja ke Perpustakaan Nasional, Rabu (13/11). Kunjungan kerja ini dilakukan untuk mengetahui standar  perpustakaan modern, hal ini menuju rencana strategis pemerintah daerah setempat dalam peningkatan mutu serta sistem keperpustakaan bertaraf internasional.

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, La Ode Frebi Rifai mengatakan, pembangunan perpustakaan di tahun 2020 menjadi salah satu mega proyek pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara. Dengan rencana pembangunan perpustakaan modern ini sebagai bentuk komitmen pemerintah provinsi dalam meningkatkan minat baca masyarakat setempat.

“Ada tiga mega proyek pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara yang akan dilakukan tahun 2020, diantaranya pembangunan infrastruktur jalan, rumah sakit jantung, dan perpustakaan bertaraf internasional. Untuk itu, kami datang untuk meminta arahan dari Perpusnas sekaligus melihat standar perpustakaan modern seperti apa,” katanya.

Menanggapi rencana tersebut, Kepala Direktorat Deposit Bahan Pustaka, Nurcahyono mengapresiasi semangat pemerintah Sulawesi Tenggara untuk membangun perpustakaan modern yang bertaraf internasional. Namun, kondisi perpustakaan di Provinsi Sulawesi Tenggara masih jauh dibanding dengan perpustakaan di daerah lainnya.

“Dari 23 perpustakaan yang mengajukan akreditasi, 17 diantaranya terakreditasi. Hal ini diperlukan dorongan serta dukungan dari DPRD setempat agar seluruh perpustakaan di Sulawesi Tenggara bisa terakreditasi,” katanya.

Nurcahyono menjelaskan, ada enam standar yang diperlukan untuk memenuhi standar perpustakaan nasional. Diantaranya, standar koleksi, layanan, sarana dan prasarana, SDM, pengelolaan dan kreativitas dalam mengelola perpustakaan.

 

Reportase : Wara Merdekawati

Fotografer : Raden Radityo



Diunggah oleh admin (2019-11-13 14:31:44)