Call Center Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas : 1500-914    

  |    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

21 Oct 2019

Menyelamatkan Koleksi Buku Melalui Perpustakaan Nasional

Medan Merdeka Selatan, Jakarta - Sebanyak 10.000 koleksi buku milik Salim Said akan dihibahkan ke Perpustakaan Nasional RI. Hal ini dilakukannya sebagai upaya penyelamatan koleksi buku sekaligus agar dapat dimanfaatkan oleh pemustaka di Perpusnas RI. Demikian disampaikan pada saat penandatanganan perjanjian hibah koleksi antara Prof. Dr. Salim Haji Said, MA, MAIA dengan Perpustakaan Nasional RI, Senin (21/10).

Salim Said menjelaskan dirinya memutuskan untuk menghibahkan koleksi buku karena melihat pengalaman dari rekannya yang setelah meninggal banyak buku bertebaran tidak terurus. “Saya melihat koleksi buku teman saya yang tidak terawat setelah dia meninggal. Maka dari itu, untuk menyelamatkan koleksi buku, saya memilih menghibahkannya ke Perpustakaan Nasional,” jelasnya.

Mantan Duta Besar RI untuk Republik Ceko ini mengatakan, koleksi buku yang dimilikinya beragam, seperti buku sastra, politik hingga militer. Buku-buku ini dikumpulkannya sejak SMA hingga saat ini.

“Bisa dibilang, koleksi buku ini merupakan rangkaian riwayat hidup saya, koleksi buku pertama adalah buku tentang sastra yang saat ini saya simpan dengan baik, lalu saat kuliah saya mengambil jurusan psikologi, banyak buku tentang psikologi dan sosiologi. Ketika menjadi wartawan selalu menyisihkan uang saku untuk membeli buku. Bahkan saat menjadi Dubes pun demikian,” kenangnya.

Dengan dihibahkanya koleksi buku ke Perpustakaan Nasional RI, Salim Said berharap agar koleksi bukunya tetap terjaga dan terawat. “Saya tidak ingin perjuangan saya membeli buku ini menjadi sia-sia. Maka dari itu, saya pilih Perpustakaan Nasional untuk menyelamatkannya.  Jadi siapa saja yang membutuhkan buku saya, bisa membacanya di Perpustakaan Nasional,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando mengapresiasi yang dilakukan  Salim Said dengan menghibahkan koleksi bukunya ke Perpustakaan Nasional.  “Hal yang sangat luar biasa memberikan catatan sejarah perjalanan, dimana perpustakaan bisa menghimpun berbagai koleksi dari orang-orang besar maupun limuwan,” tuturnya.

Dikatakan, buku koleksi ini akan disimpan sebagaimana mestinya. Rencananya akan ada tempat khusus yang menyimpan koleksi dari Salim Said. “Selain itu, kami pun berharap buku koleksi dari Prof Salim ini maupun buku tulisan beliau bisa didigitalkan,” lanjutnya.

 

Reportase : Wara Merdekawati

Fotografer : Raden Raditya

 

 



Diunggah oleh admin (2020-01-14 07:51:45)