Call Center Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas : 1500-914    

  |    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

02 Oct 2019

Kepala Perpusnas Kukuhkan Julie Laiskodat sebagai Bunda Baca NTT

Mbay, Nusa Tenggara Timur - Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando mengukuhkan Ketua Tim Penggerak PKK Julie Sutrisno Laiskodat sebagai Bunda Baca Provinsi NTT periode 2019-2023. Pengukuhan dilakukan pada malam puncak Festival Literasi Nagekeo 2019 sesuai dengan Keputusan Gubernur NTT Nomor 330/Kep/HK/2019 tentang Pengangkatan Ibu Julie Sutrisno Laiskodat sebagai Bunda Baca Provinsi NTT.

Bunda Baca memiliki lima tugas berkaitan dengan literasi, yang harus dilaksanakan hingga akhir masa jabatannya. Pertama, mengkampanyekan dan mensosialisasikan gerakan literasi. Kedua, mendorong Tim Penggerak PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota, Tim Penggerak PKK Negeri, Desa, Kelurahan, dan Dasawisma untuk secara aktif melakukan sosialisasi gerakan literasi kepada keluarga di Provinsi NTT.

Ketiga, mendukung program inovasi layanan perpustakaan, pendidikan sejak dini kepada ibu hamil melalui kegiatan di posyandu. Keempat, mendukung gerakan literasi yang diaplikasikan sebagai salah satu program pokok PKK yaitu pendidikan dan keterampilan. Kelima, bersinergi dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk mensukeskan gerakan literasi di Provinsi NTT.

Saat pengukuhan, Syarif Bando menyatakan, Bunda Baca Provinsi NTT harus menjadi panutan dalam membangun sumber daya manusia NTT. “Saya percaya bahwa saudara dapat menjadi role model dan menginspirasi dalam membangun sumber daya masyarakat NTT untuk maju bersama rakyat, cerdas, sehat, dan sejahtera,” ucap Syarif dalam pidato pengukuhannya di Lapangan Berdikari, Mbay, Nagekeo, NTT, pada Senin (30/9/2019).

Usai dikukuhkan, Julie Sutrisno menyerahkan bantuan berupa alat permainan untuk Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Nagekeo yang diterima Kepala Dinas Reinata Fernandes. “Ini adalah permainan untuk anak-anak yang sudah zaman now, jadi bermain dengan belajar. Mohon diterima,” ujar istri gubernur NTT tersebut.

Pengukuhan disaksikan Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi, Bupati Nagekeo Johannes Don Bosco Do, Sahabat Duta Baca Indonesia Alvin Adam, dan para bupati dan wakil bupati di NTT.

Reporter: Hanna Meinita/Agus Joko



Diunggah oleh admin (2019-10-03 10:06:46)