Call Center Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas : 1500-914    

  |    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

07 Sep 2019

Literasi Kopi: Cupping, Manual Brew & Espresso Bassed

Medan Merdeka Selatan, Jakarta- Talkshow dan Workshop Literasi Kopi yang diadakan dalam rangka Perpusnas EXPO memasuki hari ke-2 pada Sabtu (7/9). Kali ini para peserta diajarkan beberapa materi. Antara lain Cupping, Manual Brew & Ekspresso Based.

Hadir sebagai narasumber dari acara ini adalah Adam Nurhakim. Adam merupakan pemilik dari kedai kopi “Bicara Kopi” yang kini telah memiliki 2 cabang. Sebelumnya Adam membuka kedai kopi dengan konsep Food Truck.

“Kami berangkat dari keinginan memberikan edukasi kepada para penikmat kopi. Itu yang menjadi alasan kami,” ujarnya.

Kopi yang bukan merupakan tanaman asli khas Indonesia, dibawa masuk oleh Belanda saat zaman penjajahan. Namun begitu Indonesia telah menjadi salah satu penghasil kopi terbaik di dunia seperti Gayo dan Toraja. Sebelum kopi sampai ke tangan konsumen, kopi itu akan di-cupping atau dicicip beberapa kali dulu selama perjalanannya dalam industri kopi.

Salah satu cara menikmati kopi bisa dengan metode manual brew. Seperti namanya manual brew adalah cara menyeduh kopi tanpa menggunakan alat espresso. Hasil seduhan kopi dengan menggunakan tekanan tinggi (high pressure) dinamakan espresso.

Adam berharap apa yang dia sampaikan dalam acara ini dapat menambah pengetahuan bagi penikmat kopi dan siapa saja yang ingin membuka usaha di dunia kuliner kopi.

 

Reportase: Eka Purniawati

Fotografer: Andika Prasetyo



Diunggah oleh admin (2019-09-09 06:59:29)