|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

02 Sep 2019

Lomba Bercerita SD/MI Nasional 2019: Rajin Membaca Adalah Kunci

Kemayoran, Jakarta - Sebanyak 34 peserta dari tiap provinsi unjuk kebolehan pada Lomba Bercerita tingkat SD/MI Nasional 2019 yang dibuka secara resmi oleh Kepala Perpustakan Nasional, Muhammad Syarif Bando, pada Senin sore, (2/9). Kegiatan yang digelar dari tanggal 2-5 September, merupakan agenda rutin yang diselenggarakan Perpusnas guna meningkatkan kegemaran membaca serta untuk memperkuat kecintaan terhadap karya budaya, suku bangsa melalui buku.

"Cerita-cerita dari daerah selalu mengandung nilai-nilai positif yang bisa dijadikan panutan dan tuntunan dalam keseharian," ujar Kepala Pusat Pengembangan dan Pemasyarakatan Minat Baca (P3MB), Deni Kurniadi, mengawali sambutan.

Sementara itu, Kepala Perpusnas mengatakan sebagai generasi penerus bangsa, anak-anak harus rajin membaca. Jangan terpengaruh dengan media sosial, godaan narkoba, maupun pergaulan bebas. Gambaran kehidupan 25 tahun mendatang adalah apa yang dibaca saat ini. "Rajin membaca adalah kuncinya. Jangan pernah kendor untuk belajar dan membaca," pesan Kepala Perpusnas.

Indonesia adalah negara yang kaya. Saat ini bangsa Eropa cukup merajai teknologi dan peradaban. Namun, 30 tahun yang akan datang Eropa diprediksi hanya menjadi bagian dari masa lalu. Indonesia akan memainkan peran besar dalam dunia internasional potensi demografi dan kekayaan alam yang dimilikinya.
"Dan keberadaan perpustakan merupakan simbol dari tinggi rendahnya peradaban suatu negara. Perpustakaan adalah jembatan pengetahuan manusia di masa lalu, kini dan yang akan datang," tambah Syarif Bando.
Lomba Bercerita tingkat SD/MI Nasional memperebutkan hadiah uang sebesar Rp 15 juta bagi peringkat pertama. Rp 13,5 juta bagi peringkat kedua, dan Rp 10 juta untuk peringkat ketiga. Selain itu, Perpusnas juga menyediakan hadiah uang jutaan rupiah bagi peringkat harapan 1-3, peserta favorit, dan finalis lainnya.

Reporter/fotografer : Hartoyo Darmawan



Diunggah oleh admin (2019-09-03 07:54:28)