Call Center Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas : 1500-914    

  |    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

21 Aug 2019

Menyemai Karakter Bangsa Lewat Library Goes To School

Blitar, Jawa Timur – Library Goes To School menjadi program yang terus digalakkan Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Proklamator (UPT PP) Bung Karno bersama Forum Komunikasi Pembaca Aktif (FKPA). Program ini amat penting bagi para siswa karena menanamkan nilai-nilai nasionalisme, internalisasi karakter kebangsaan Bung Karno.

Pagi yang cerah dan hangat menyelimuti. Hembusan angin sesekali memberikan kesejukan perjalanan, dan Blitar dua bulan terakhir ini cuacanya sangat mendukung untuk bermalas-malasan, dingin dan sangat menggoda untuk menarik selimut lagi di pagi hari. Namun hal itu tidak menyurutkan  semangat kami untuk beranjak bergerak berliterasi. Kali ini Kepala Bidang Layanan Informasi dan Kerja Sama UPT PP Bung Karno, Agus Sutoyo, Koordinator Kegiatan Forum Komunikasi Pembaca Aktif (FKPA), Yanuar Hafidz,  Pustakawan Budi Kastowo dan beberapa pustakawan lainnya  menuju SMAN 2 Kota Blitar, pada Rabu, (21/8).  

Library Goes To School merupakan cara perpustakaan mendekatkan diri dengan masyarakat. Hal ini diakui Agus Sutoyo. UPT PP Bung Karno mencoba memberikan pemahaman karakter bangsa di kalangan remaja, khususnya siswa-siswi SMAN 2 Kota Blitar. “Pendidikan karakter adalah hal yang esensial yang menjadi tugas sekolah. Tidak sekedar memberikan nilai yang memuaskan,” jelas Agus Sutoyo.

Karakter adalah nilai-nilai yang khas, baik watak, akhlak, atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebijakan yang diyakini dan dipergunakan sebagai cara pandang, berpikir, bersikap, berucap dan bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari.

“Sedangkan, karakter bangsa adalah kualitas prilaku kolektif kebangsaan yang yang khas, baik yang tercermin dalam kesadaran, pemahaman, rasa, karsa, dan perilaku berbangsa dan bernegara Indonesia yang berdasarkan Pancasila, UUD 1945. Keberagaman dalam prinsip Bhineka Tunggal Ika dan komitmen terhadap NKRI,” imbuh  Kabid Layanan itu mengutip pernyataan Yudi Latief.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 2 Kota Blitar, Ahmad Damanhuri, mengakui kegiatan  FKPA yang dikemas dalam Library Goes To School ini sangat inspiratif. Dengan kehadiran UPT PP Bung Karno, para siswa banyak belajar tentang karakter bangsa. “Pendidikan karakter sangatlah penting untuk menumbuhkembangkan nasionalisme terhadap Tanah Air. Hal yang pernah disampaikan oleh Bung Karno puluhan tahun lampau,” kata Ahmad. 

Senada dengan Kepala Sekolah SMAN 2 tersebut, guru pembimbing yang juga salah satu nara sumber pada acara itu, Widiastuti menyampaikan kegiatan sosialisasi tentang pemikiran Bung Karno dan  nasionalisme ini sangat tepat untuk mengajak siswa-siswi menjadi lebih memahami lagi tentang karakter bangsa yang ditanamkan Bung Karno. "Library goes to School yang merupakan program terbaru UPT PP Bung Karno  perlu lebih diintensifkan lagi ke sekolah-sekolah, semangat terus Perpus Bung Karno," harapnya.***

Reportase: Ardha

Fotografer: Juwito

                           



Diunggah oleh admin (2019-09-15 14:38:15)

Berita Lainnya

Berita - 21 Sep 2019


Pramuka Harus Cakap Membaca