Call Center Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas : 1500-914    

  |    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

17 Aug 2019

Semangat Proklamasi di UPT Bung Karno

Blitar, Jawa Timur- Detik proklamasi HUT ke-74 RI dilaksanakan penuh khidmat di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu  Kepala Bidang Layanan Informasi dan Kerjasama UPT PP Bung Karno, Agus Sutoyo. Tema Kemerdekaan "SDM Unggul Indonesia Unggul Maju" dimaknai bahwa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi akan membuat Indonesia melompati  bangsa lain. SDM unggul yang berhati Indonesia dan berideologi Pancasila adalah yang dibutuhkan saat ini.

Tema kemerdekaan yang juga wajib diterapkan di UPT PP Bung Karno dengan bersama-sama meningkatkan intelektualitas dan kemampuan sehingga dapat memajukan  bangsa dan negara.

"Kita butuh inovasi-inovasi yang konstruktif, terobosan yang cerdik, mudah dan cepat. Kita perlu SDM unggul yang terus belajar dan bekerja keras dan berdedikasi. Mampu membalikkan ketidakmungkinan menjadi peluang. Mereduksi kelemahan menjadi kekuatan dan keunggulan. Menjadikan keterbatasan menjadi keberlimpahan. Mengubah kesulitan jadi kemampuan. Dan mengubah yang tidak berharga menjadi bernilai untuk masyarakat dan bangsa," ujar Agus Sutoyo.

Bulan Agustus adalah bulan yang monumental. Sudah saatnya masyarakat Indonesia menjadi manusia yang terus mengembangkan olah pikir dan daya juang maksimal demi kemajuan bangsa. Momen kemerdekaan adalah waktu untuk membangkitkan kesadaran dan kecintaan terhadap NKRI.

"Banyak momentum tercipta di tahun 1945, salah satunya adalah peristiwa kemerdekaan. Sejarah dimana para founding fathers memproklamirkan kemerdekaan. Terhitung sejak 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia tidak lagi sebagai bangsa yang terjajah tetapi bangsa yang merdeka," tambah Agus.

Peringatan HUT RI bukan semata kegiatan ritualitas namun harus pula dijadikan rasa syukur sekaligus perenungan atas perjuangan yang dilakukan pejuang bangsa. Sudah kewajiban generasi selanjutnya untuk mengisi kemerdekaan dengan kerja nyata dan karya nyata 

Khusus kepada pustakawan, Agus Sutoyo mengajak rekan-rekan pustakawan untuk terus menebarkan motivasi, menularkan semangat juang yang tinggi, menelurkan inovasi-inovasi dan kreatifitas  berpikir yang positif di bidang perpustakaan.

Reportase:  Ardha

Fotografer: Juwito 



Diunggah oleh admin (2019-09-15 14:39:18)