Call Center Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas : 1500-914    

  |    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

14 Aug 2019

Final Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan dan Perpustakaan SLTA/MA Terbaik Tingkat Nasional Dimulai

Tugu Tani, Jakarta - Perpustakaan Nasional RI menggelar final Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan dan Perpustakaan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas/Madrasah Aliyah Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2019. Ajang kompetisi tahunan ini digelar untuk mengukur kinerja perpustakaan SLTA/MA serta perpustakaan umum di desa dan kelurahan.

Pada tahap final, sebanyak 18 perpustakaan desa/kelurahan yang mewakili provinsi masing-masing akan bersaing untuk menjadi yang terbaik dari tiga klaster yakni Klaster A, B, dan C. Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Minat Baca Deni Kurniadi selaku ketua panitia menyatakan setiap perwakilan perpustakaan desa/kelurahan akan memaparkan presentasinya di hadapan juri untuk menjadi tiga terbaik dari setiap klaster. Para juri terdiri dari berbagai unsur mewakili Perpusnas, Kementerian Dalam Negeri, para pakar perpustakaan, dan Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia dipimpin Ketua Umum Ikatan Pustakawan Indonesia, T. Syamsul Bahri.

Sementara itu, lomba perpustakaan SLTA/MA diikuti 15 sekolah yang mewakili setiap provinsi untuk dipilih tiga terbaik secara nasional. Tahun ini, lomba perpustakaan sekolah diikuti perwakilan dari 30 sekolah dari setiap provinsi, di mana Maluku, Sulawesi Barat, Kalimatan Utara, dan Sulawesi Utara tidak ikut karena tidak mengirimkan berkas hingga tahap akhir penilaian.

“Ini merupakan puncak dari rangkaian acara yang sudah dilaksanakan seleksi di tingkat kabupaten/kota, penentuan pemenang tingkat provinsi, pengiriman berkas ke tingkat nasional, penyeleksian berkas, hingga visitasi lapangan oleh para juri,” jelas Deni Kurniadi saat pembukaan final lomba di Hotel Aryaduta, Tugu Tani, Jakarta, pada Rabu (14/8/2019).

Deni menjelaskan, lomba berlangsung mulai 14 Agustus 2019 hingga 17 Agustus 2019. Pada 16 Agustus 2019, para peserta lomba akan menghadiri pidato kenegaraan yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo.

Reportase: Hanna Meinita/Fotografer: Raden Radityo

 



Diunggah oleh admin (2019-08-14 19:34:43)