Call Center Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas : 1500-914    

  |    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

01 Aug 2019

DPRD Tanjung Jabung Barat Komitmen Kembangkan Perpustakaan Daerah

Medan Merdeka Selatan, Jakarta - Ada dua masalah utama yang dihadapi Dinas Perpustakaan Kabupaten Tanjung Jabung Barat , yaitu masalah tata kelola layanan dan masalah sumber daya manusia.
Hal itu disampaikan Sekretaris Komisi I DPRD Kab. Tanjung Jabung Barat, Hasmely Hasan, saat beraudiensi dengan Perpustakan Nasional, pada Kamis, (1/8).
Hasan menambahkan Pemkab Tanjung Jabung Barat berkomitmen membangun perpustakaan daerah untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat. Gedung perpustakaan juga baru dibangun.
"Perpustakaan diharapkan dapat  membantu mencetak generasi didik yang unggul," ucapnya.

Namun, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kab. Tanjung Jabung Barat, Abdul Halim Usman, justru mengharapkan perpustakan Tanjung Jabung Barat dapat lebih maju dan berkembang seperti daerah lain. Alasan itu yang menyebabkan pihaknya datang kesini. "Kami ingin belajar langsung bagaimana cara mengelola perpustakaan," ungkap Abdul.

Lalu, keberadaan mobil pustaka keliling untuk menjangkau masyarakat yang terbatas akses ke perpustakaan juga dirasa masih kurang. Kab. Tanjung Jabung Barat baru memiliki satu unit perpustakan keliling bantuan dari Perpusnas tahun 2018. Padahal Kab. Tanjung Jabung Barat memiliki 13 kecamatan dengan 114 desa. "Tidak bisa melayani masyarakat secara maksimal,” terangnya.

Menanggapi hal tersebut Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpusnas, Widiyanto, mobil pustaka keliling diberikan kepada daerah sebagai stimulan.

"Perpusnas berharap daerah mampu mengembangkan perpustakaan dan mememnuhi kebutuhan literasi masyarakat,” jelasnya.

Kepala Bidang Layanan Koleksi Umum Perpusnas, Luthfiati Makarim, menambahkan pentingnya menyiapkan tenaga pengelola yang profesional untuk perbaikan tata kelola layanan perpustakaan dengan memberikan pendidikan dan pelatihan.

“Regulasi yang baik akan memudahkan pemenuhan kebutuhan SDM bidang perpustakaan," imbuhnya.

Reportase: Eka Purniawati/Fotografer: Hartoyo Darmawan



Diunggah oleh admin (2019-09-10 08:05:23)