Call Center Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas : 1500-914    

  |    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

01 Aug 2019

Semangat Anak-anak Desa Bendosari Berliterasi

Blitar, Jawa Timur- Perpustakaan Proklamator Bung Karno (PP Bung Karno) dalam upaya melaksanakan program pengembangan pembudayaan gemar membaca dan pemasyarakatan koleksi Bung Karno melalui layanan ekstensi dengan mobil perpustakaan keliling melaksanakan  kegiatan literasi sejarah Bung Karno dengan mengenalkan anak-anak dan masyarakat tentang koleksi yang berkaitan dengan Bung Karno bersama anak-anak desa Bendosari Kademangan Blitar, Kamis (1/8/2019) dalam pengelolaan informasi dan perpustakaan keliling guna meningkatkan kegemaran membaca anak-anak desa dan masyarakat secara umum di wilayah Blitar Raya. 

Kegiatan layanan mobil perpustakaan keliling bertujuan untuk mendekatkan layanan ekstensi PP Bung Karno pada masyarakat agar masyarakat yang tinggal jauh dari kabupaten maupun kota tetap dapat terlayani secara maksimal serta untuk menjangkau  masyarakat terpencil. Desa Bendosari yang merupakan  bagian dari wilayah kecamatan Kademangan itu merupakan desa peternakan ayam dan penghasil telur yang lumayan tersohor di seputaran Blitar, dan tak kalah menariknya desa ini berbatasan langsung  dengan wilayah pesisir pantai Tambakrejo yang ramai dengan wisata pantai pasir putihnya dan kuliner ikan bakar yang langsung dari nelayan dan tempat pelelangan ikan.

Saat ini PP Bung Karno dalam melaksanakan kegiatan layanan ekstensi dengan mobil perpustakaan keliling dan bulk loan ada 40 titik layanan dengan 1 mobil perpusling yang setiap harinya menyapa dan melayani masyarakat Blitar Raya yang melingkupi wilayah Kota Blitar dan Kabupaten Blitar. Mobil Perpusling berada di SD Bendosari I Kademangan. Kedatangan tim Perpusling untuk layanan perpustakaan kleliling  ternyata sudah dinanti oleh para siswa, warga sekolah, kepala sekolah, dan komite sekolah pun aktif dalam menggerakkan siswanya  memanfaatkan layanan perpustakaan keliling untuk meningkatkan kegemaran membaca siswa sekolah tersebut dan juga melalui pemutaran film dokumenter tentang tokoh proklamator Bung Karno.

Menurut Kepala Sekolah SDN Bendosari I Ibu Hargriyanti yang didampingi Komite Sekolah Bapak Basyir, SDN Bendosari I  mempunyai visi terwujudnya sumber daya manusia, bertaqwa, cerdas, terampil, berkualitas dan berkarakter yang berwawasan lingkungan, menyambut baik keberadaan layanan perpustakaan keliling yang dilaksanakan oleh PP Bung Karno yang sekaligus membawa bulk loan, program bantuan buku yang dipinjamkan untuk perpustakaan sekolah tersebut.  Kepala Sekolah juga sudah merencanakan program studi tur ke Perpustakaan Bung Karno dengan mengajak seluruh siswa-siswinya dan juga didampingi oleh orangtua siswa dan komite sekolah. "Nyuwunsewu, maaf namun kalau boleh usul anak-anak juga diperkenalkan dengan perpustakaan digital, agar melek informasinya melalui pemahaman teknologi informasi, setahu saya Perpustakaan Nasional mempunyai perpustakaan elektronik keliling, mungkinkah perpustakaan elektronik keliling ini juga beroperasi di Blitar?," ujarnya dengan bersemangat dan penuh harap.

Sementara Pustakawan Madya PP Bung Karno Purwodarsono yang mendampingi Kepala Bidang Pelayanan Informasi dan Kerjasama Agus Sutoyo serta Pustakawan Tim Perpusling mengatakan  dengan peran aktifnya para pustakawan PP Bung Karno, bergerak dan berkarya dalam berliterasi ini dengan sistem jemput bola merupakan bagian dari mekanisme yang sudah ditetapkan pimpinan Perpusnas dalam menjalankan literasi berbasisis inkulusi sosial. Hal ini mampu menarik perhatian dunia pendidikan dan masyarakat sekitarnya untuk datang ke perpustakaan Bung Karno. "Melalui mobil perpustakaan keliling, literasi tentang sejarah tokoh proklamator mampu menjembatani pengetahuan dan informasi kepada masyarakat di desa-desa terpencil.

Dan nampaknya mobil elektronik keliling pun menjadi mimpi lain untuk bisa berselancar didunia perpustakaan digital. Suatu harapan ke depan. Semoga Perpusnas melalui PP Bung Karno mampu merealisasikannya. Pusteling berinklusi sosial sebuah harapan besar dari  ujung selatan Kabupaten Blitar. Salam Literasi. Salam Merdeka!!**

Reportase: Agus Sutoyo



Diunggah oleh admin (2019-09-10 08:06:56)