|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

16 Jul 2019

Kolaborasi Perpusnas dan Kemensetneg untuk Pengembangan SDM

Medan Merdeka Selatan, Jakarta – Kementerian Sekretariat Negara menggandeng Perpustakaan Nasional untuk menjajaki kolaborasi terkait pengembangan SDM melalui penguatan literasi informasi untuk layanan kunjungan masyarakat, khususnya generasi milenial. Hal ini disampaikan Asisten Deputi Hubungan Masyarakat Kemensetneg Eddy Cahyono saat mengunjungi Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas, Jakarta, pada Selasa (16/7/2019).

Eddy menyatakan pihaknya tertarik untuk menjalin kerjasama setelah melihat antusiasme masyarakat berkunjung ke Perpusnas. Eddy menjelaskan, Istana Kepresidenan sering menerima rombongan kunjungan dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Perpusnas pun sering dikunjungi oleh rombongan pelajar dan mahasiswa. Peluang untuk mengajak rombongan pelajar dan mahasiswa untuk mengunjungi Perpusnas semakin terbuka karena saat ini sedang disiapkan Galeri Kepresidenan sebagai salah satu layanan.

Melalui kolaborasi ini, diharapkan masing-masing pihak bisa berkontribusi dalam memberikan edukasi dan informasi untuk pengembangan sumber daya manusia sesuai dengan fokus kebijakan Presiden terpilih Joko Widodo. “Misalnya dari sana (Istana, red) bisa dibawa ke Galeri Kepresidenan atau kita bisa elaborasi. Karena di sini (Perpusnas, red) sering kunjungan rombongan. Teknisnya bisa nanti dibicarakan apakah bisa dibawa ke sana atau dikumpulkan di sini. Misalnya acara di lantai 24, kami sudah menyampaikan tupoksi Setneg dan kemudian diisi dengan materi Perpusnas terkait literasi informasi sehingga mereka terbukalah wawasannya. Ini agar kita bisa bersinergi utk mewujudkan pengembangan SDM sesuai visi Presiden Joko Widodo, ke depan,” jelas Eddy.

Perpusnas juga diajak bekerjasama untuk mendiseminasikan informasi dari buku-buku yang sudah dihasilkan oleh Kemensetneg. “Kami intinya perlu memberikan pembekalan kepada generasi milenial untuk penambahan knowledge. Kami dari kehumasan perlu mengedukasi publik melalui kerja pemerintah, apa yang sudah dikerjakan sehingga masyarakat mendapat informasi yang konprehensif terkait kerja pemerintah,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Hukum dan Perencanaan Perpusnas Joko Santoso menyambut baik ajakan kerjasama ini. Perpusnas memiliki perhatian khusus kepada generasi muda dalam mengenalkan manfaat perpustakaan dan membaca untuk meraih keberhasilan. “Selain itu, kami memiliki situs web kepustakaan presiden, situs khusus tentang kepresidenan. Kami sangat senang jika dari Setneg bisa mengisi untuk konten situs web ini sehingga bisa menjadi sarana komunikasi kita secara online,” tutur Joko saat menerima rombongan dari Kemensetneg di Ruang Rapat Lantai 5, Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas, Jakarta.

Saat ini, Perpusnas sedang gencar mensosialisasikan program transformasi layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial. Di sini, peran perpustakaan mengalami penguatan sebagai pusat literasi informasi dan pusat kegiatan masyarakat. Melalui rencana kolaborasi ini, diharapkan peran perpustakaan sebagai ruang publik untuk aktivitas masyarakat mengalami penguatan.

Selama di Perpusnas, rombongan dari Asdep Humas Kemensetneg mengunjungi spot-spot menarik di Perpusnas, seperti Graha Literasi, Galeri Kepresidenan, Layanan Keanggotaan, Layanan Anak, Disabilitas, Layanan Monograf Terbuka, dan berakhir di Lantai 24 yang menawarkan pemandangan Monas dari ketinggian.

Reportase: Hanna Meinita/Fotografer: Raden Radityo

 

 



Diunggah oleh admin (2019-07-17 15:12:46)