Call Center Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas : 1500-914    

  |    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

10 Jul 2019

Kab. Tapin Bangun Perpustakaan Modern yang Terintegrasi dengan Kawasan Terpadu

Salemba, Jakarta – Bupati Tapin, M. Arifin Arpan, melakukan kunjungan kerja ke Perpustakaan Nasional dan diterima langsung Deputi Sumber Daya Perpustakaan Woro Titi Haryanti di Perpustakaan Nasional Salemba, Rabu (10/7). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka berkonsultasi mengenai pembangun perpustakaan di daerahnya.

Arifin menjelaskan Pemerintah Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, ingin membangun perpustakaan modern yang terintegrasi dengan kawasan terpadu Rantau Baru. “Perpustakaan yang sudah ada di Tapin berlokasi di kawasan pemukiman padat penduduk dan sejak tahun 2013 - 2018 minat baca masyarakat terus meningkat, untuk itu kami ingin membangun kawasan terpadu dimana terdapat perpustakaan modern didalamnya,” ucap Arifin.

Menanggapi hal tersebut, Woro mengapresiasi keinginan yang dimiliki Arifin dalam pengembangan budaya baca di daerahnya. “Perpustakaan harus bertransformasi untuk mendukung aktifitas masyarakat dengan menyediakan koleksi buku-buku yang berguna untuk mensejahterakan hidup mereka,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca Perpusnas, Deni Kurniadi, menambahkan perlu adanya koordinasi dan kerjasama yang baik dari semua pihak baik pemerintah daerah dan legislatif untuk bisa membangun perpustakaan di Kabupaten Tapin. “Pengajuan permohonan DAK untuk pembangunan gedung perpustakaan harus menyertakan berkas-berkas administrasi seperti sertifikat tanah dan DED (Detail Engineering Design), jadi mohon segera dipersiapkan”, jelasnya.

Reportase: Basma Sartika

Fotografer: Eka Purniawati



Diunggah oleh admin (2019-07-18 08:33:54)