|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

03 Jul 2019

Perpustakaan Nasional Dukung Pembangunan Perpustakaan di Tingkat Kabupaten

Medan Merdeka Selatan, Jakarta – Ketiadaan gedung perpustakaan di Kabupaten Barito Kuala menjadi perhatian Bupati setempat. Menurutnya, perpustakaan merupakan tempat untuk memotivasi anak-anak agar gemar membaca. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Kabupaten Barito Kuala, Noormiliyani AS, saat melakukan kunjungan kerja ke Perpustakaan Nasional, Rabu (3/7).

“Kita ga punya perpustakaan di Kabupaten Barito Kuala, ada jalan ga bagi saya untuk bertemu siapa asalkan saya mendapatkan ini untuk masyarakat saya karena tanpa membaca kemana mereka belajarnya,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca Perpusnas, Deni Kurniadi, meminta kepada Kabupaten Barito Kuala untuk mempersiapkan dokumen DED (Detail Engineering Design) dan tanah untuk proses seleksi awal di bulan Juli yang akan dilakukan oleh Perpusnas, Bappenas, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Dalam Negeri.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Kabupaten Tanah Bumbu Ready Kambo kembali menegaskan permintaan untuk melengkapi sarana dan prasana gedung perpustakaan di Kabupaten Tanah Bumbu seperti yang telah disampaikan pada kunjungan kerja Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tanah Bumbu Hasanuddin beberapa waktu lalu.

Tahun ini, Kabupaten Tanah Bumbu menerima DAK untuk pembangunan gedung perpustakaan dan proses pembangunan gedung tersebut sudah mencapai 20 persen. Namun, mereka menghadapi kendala dalam hal sarana dan prasarana yang diperlukan untuk melengkapi gedung perpustakaan tersebut. “Yang menjadi permasalahannya adalah pengisian dari perpustakaan, terutama buku-buku yang bermanfaat karena di Tanah Bumbu sekarang ini sedang ditingkatkan minat baca untuk anak-anak,” ujar Ready Kambo.

Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando selaku pemimpin pertemuan kunjungan kerja ini menyampaikan apresiasi atas progres pembangunan gedung perpustakaan yang sedang berjalan di Kabupaten Tanah Bumbu. Mengenai kendala dalam hal koleksi perpustakaan, beliau memastikan bahwa Perpustakaan Nasional akan mendukung sepenuhnya apa yang sudah disampaikan oleh Wakil Bupati Kabupaten Tanah Bumbu.

Reportase: Basma Sartika

Foto/Video: R. Radityo



Diunggah oleh admin (2019-07-04 10:19:14)