Call Center Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas : 1500-914    

  |    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

04 Jul 2019

Sembilan Pustakawan Ikuti Upgrading Asesor Pustakawan dari BNSP

Matraman, Jakarta—Sembilan anggota asesor pustakawan mengikuti upgrading asesor kompetensi pustakawan yang diberikan oleh Master Asesor Nasional dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Karyaman LB,  di Jakarta, Kamis, (4/7). Upgrading asesor adalah proses perpanjangan sertifikasi kompetensi yang dimiliki pustakawan.

Kesembilan pustakawan tersebut, antara lain Endang Ernawati dari (Binus Nusantara), Opong Sumiati, Adriati, Luthfiati Makarim, Novatriyanti (Perpustakaan Nasional), Irawan (BATAN), Agus Rifai (UIN Syarif Hidayatullah), Arifah Sismita (PDII-LIPI), dan Donni Yudha Prawira (UNIMED).

Dalam penjelasannya, Karyaman meyakini bahwa sikap kerja yang baik diperoleh dari dunia industri/kerja yang sesungguhnya. Bahkan dimasa depan latar belakang pendidikan tidak ditanya melainkan kompetensi keahlian yang dimiliki. “Jadi, kini menilai orang sesuai regulasi atau standar yang diacu,” terangnya.

Upgrading asesor mulai di 2019 sudah menyesuaikan dengan format ASEAN. Artinya sertifikat yang dikeluarkan bisa berlaku pula untuk kawasan ASEAN. Sesuai kesepakatan bersama di Thailand, Indonesia adalah Ketua Pelaksana asesor di regional Asia Tenggara. Di rencanakan pada tahun-tahun mendatang semua bidang profesi akan dilakukan harmonisasi sertfiikasi, namun saat ini diprioritaskan untuk beberapa profesi/keahlian.

 

Reportase : Hartoyo Darmawan

Fotografer: Hartoyo Darmawan



Diunggah oleh admin (2019-07-04 14:04:03)