Call Center Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas : 1500-914    

  |    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

27 May 2019

Perpusnas Mempersiapkan Penilaian Mandiri Pelaksanaan reformasi Birokrasi (PMPRB) 2019

Salemba – Perpustakaan Nasional terus berbenah dalam rangka mempersiapkan penilaian mandiri pelaksanaan reformasi birokrasi (PMPRB). Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 30 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendayagunaan Negara dan reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah, maka perlu dilakukan penilaian terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi di setiap kementerian/lembaga.

Adapun tujuan reformasi birokrasi adalah menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional dengan karakteristik adaptif, berintegritas, berkinerja tinggi, bebas dan bersih korupsi, kolusi dan nepotisme, mampu melayani publik, netral, sejahtera, berdedikasi dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara. Ketua tim Pokja Tim Reformasi Birokrasi Perpusnas Widianto memimpin rapat PMPRB yang diselenggarakan di Ruang Sidang Perpusnas, Salemba pada Senin (27/5). Rapat tersebut membahas masing-masing unsur penilaian yang meliputi manajemen perubahan, penataan peraturan perundang-undangan, penataan dan penguatan organisasi, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, peningkatan kualitas layanan publik di lingkungan Perpusnas.

Sekretaris Utama Perpusnas Sri Sumekar dalam menindaklanjuti unsur penilaian penataan tata laksana akan membuat proses bisnis di lingkungan sekretariat utama yang kemudian akan dijadikan acuan untuk unit kerja lainnya. “Kami akan membuat laporan proses bisnisnya dan evaluasinya,” komitmen Sri Sumekar. Sedangkan Inspektur Perpustakaan Nasional Darmadi dalam menutup rapat mengemukakan rekomendasi kegiatan yang akan dilakukan pada bulan Juni dilaksanakan evaluasi unit kerja untuk WBK, pelatihan agen perubahan, laporan masing Pokja dan agen perubahan dan pada bulan Juli evaluasi dan penyusunan laporan RB Perpusnas, pelatihan tim asesor unit, sosialisasi eSKP, ePerformance, dan SIMPEG, pada bulan Agustus dilakukan pengumpulan data fisik RB dan evaluasi progres capaian RB Unit dan Pusat.

 

Reportase : Arwan Subakti



Diunggah oleh admin (2019-05-28 08:58:35)