|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

03 May 2019

Sambut Ramadan, Perpustakaan Nasional RI Gelar Munggahan

Salemba, Jakarta -- Menyambut bulan suci Ramadan 1440 Hijriah, sekaligus sebagai bentuk silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan antarpegawai, Perpustakaan Nasional  menggelar kegiatan munggahan di Ruang Auditorium Perpusnas, di Salemba, Jakarta, Jumat (3/5). Di acara tersebut, para pegawai menerima siraman rohani dari Pimpinan Pondok Pesantren Darul Ishlah dan Majelis Taklim Daruttaqwa, Ustadz KH. Agil Badrudin.

Dalam kesempatan ini, Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando mengajak para pegawai untuk senantiasa selalu bersyukur atas nikmat Allah SWT. Syarif Bando mengatakan munggahan merupakan tradisi dalam rangka menyambut bulan Ramadan, bulan yang mulia dan penuh keberkahan.

"Di bulan Ramadan ini, mari kita kuatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Mari saling mengingatkan untuk melakukan amal kebaikan. Dan tugas kita sehari-hari sangat baik karena terus mengajak orang untuk membaca," terangnya.

Sementara itu, dalam tausiyahnya Ustadz Agil Badrudin menyampaikan pada bulan Ramadan, umat muslim dipermudah langkahnya agar bisa bergaul dengan Allah SWT, diri sendiri, dan manusia lainnya.

Dijelaskan, cara yang diajarkan Rasulullah agar lebih dekat kepada Allah SWT adalah dengan bertakwa yakni menjauhi segala laranganNya dan menjalani segala perintahNya. Di antaranya dengan melaksanakan salat wajib maupun sunnah serta bersedekah, menginfakkan harta di bulan suci Ramadan. Sementara itu, cara bergaul yang diajarkan oleh Rasulullah dengan diri kita sendiri adalah mendirikan salat dan memberikan sedekah. 

"Adapun cara bergaul dengan manusia lain, misalnya pada orangtua kita harus memohon maaf karena sejatinya anak yang senantiasa taat kepada orangtua maka surga akan menjadi miliknya. Begitupun dengan tetangga, teman kerja atau manusia lainnya, sebisa mungkin kita harus menghilangkan rasa dengki di hati karena dengan demikian kita akan dapat menjalani hidup lebih tenang dan tentram," pesannya.

Reportase: Wara Merdekawati/Basma Sartika

 



Diunggah oleh admin (2019-05-06 07:16:40)