Call Center Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas : 1500-914    

  |    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

14 Mar 2019

Sekjen Kemendesa: Dana Desa untuk Pembangunan Perpustakaan & Buku Bacaan

Jakarta - Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Anwar Sanusi menekankan pentingnya pembangunan perpustakaan desa sebagai sarana pembelajaran masyarakat. Sesuai dengan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 16 Tahun 2018 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa, Penggunaan Dana Desa Untuk Literasi dialokasikan pada Pengadaan, pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan sarana prasarana pendidikan dan kebudayaan yakni bangunan perpustakaan desa dan buku/bahan bacaan; Mendukung kegiatan pendidikan bagi anak-anak usia wajib belajar, seperti perpustakaan desa dan buku bacaan; serta Perpustakaan desa dalam rangka menunjang proses belajar mengajar dalam kegiatan pelatihan kerja bagi warga desa yang akan menjadi buruh migran dan dimanfaatkan pelajar dalam mengerjakan tugas sekolah. Hal ini disampaikan Anwar Sanusi saat menjadi narasumber di Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan Tahun 2019 di Jakarta, pada Kamis (14/3/2019).

“Tahun 2018, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi lebih spesifik dalam mendorong dibangunnya perpustakaan desa sebagai sarana pembelajaran. Terutama bagi anak-anak usia wajib belajar, sebagai sarana pembelajaran dan agar dapat melakukan edukasi yg efektif, diharapkan dalam 10 tahun ke depan seluruh desa dapat memiliki perpustakaan di wilayah masing-masing,” jelas Anwar Sanusi.

Ada enam hal yang mesti dilakukan agar literasi desa dapat meningkatkan ekonomi perdesaan yakni Pendamping desa harus bisa melakukan upaya untuk membangkitkan minat baca masyarakat; Memperbanyak perpustakaan/taman baca masyarakat di pedesaan; Penyediaan buku praktis manajemen, usaha, BUMDesa, akuntasi, dan sebagainya; Penyediaan buku motivasi dari pengusaha dan BUMDesa yang terbukti sukses; serta Pengembangan perpustakaan digital desa.

Anwar menambahkan dalam empat tahun ini, pembangunan infrastruktur perdesaan dan program pemberdayaan masyarakat meningkat signifikan. Ini bertujuan agar derajat masyarakat desa meningkat.

Reportase: Hanna Meinita/Fotografer: Arwan Subakti

 



Diunggah oleh admin (2019-03-19 11:11:02)