|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

23 Jan 2019

Evaluasi Capaian Kinerja 2018 dan Perjanjian Kinerja 2019 : Catatan Koreksi Untuk Perbaikan di 2019

Medan Merdeka Selatan, Jakarta—Meski capaian fisik mencapai 96% dan capaian keuangan menembus 94%, namun, angka tersebut dirasa masih lebih rendah dibandingkan capaian 2017. Menumpuknya pekerjaan di triwulan akhir menjadi penyebab capaian di 2018 tidak lebih baik dari 2017.

Hal itu disampaikan Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional RI Sri Sumekar saat menyampaikan evaluasi kinerja 2018 sekaligus penyerahan perjanjian kinerja (PK) untuk 2019 kepada seluruh pejabat struktural di lingkungan Perpusnas, Rabu, (23/1).

“Di tahun 2019 kita akan menerapkan tahapan kegiatan agar tidak menumpuk. Dari sekitar 790 kegiatan di 2019, triwulan pertama diharapkan mencapai 15%, triwulan kedua dan ketiga mencapai 35%, dan pada triwulan akhir 15%,” papar Sri Sumekar.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando juga mengimbau kepada para penyelenggara kegiatan dan keuangan agar tidak ada lagi kasus gagal bayar di 2019, seperti kasus pada 2018 kemarin. “Jangan sampai menimbulkan kesan penyelenggara keuangannya tidak berkompeten. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) juga harus rutin mengontrol,” ucapnya.

Kepala Perpusnas juga meminta mulai sekarang dibenahi dan disiplin melaporkan realisasi anggaran maupun fisik yang sudah disediakan Kementerian Keuangan melalui aplikasi SMART. “Capaian hasil di 2018 patut disesali karena kita sudah membuat kecewa sejumlah pihak, seperti DPR, Kementerian Keuangan, dan Bappenas,” tambahnya.

Terkait dengan koleksi yang ada, Kepala Perpusnas meminta untuk konten semua jurnal dibuatkan brosur. Seluruh pegawai dan pustakawan diharapkan lebih aktif mempromosikan keunggulan atau fasilitas Perpustakaan Nasional. Jika perlu dibuatkan video testimoni dan ditayangkan.

Pemeliharaan seluruh fasilitas layanan juga mesti diperhatikan sehingga timbul kenyamanan bekerja dan masyarakat yang melakukan aktivitas keilmuan disini. “Setiap tamu yang datang harus diberikan penjelasan detail tentang manfaat perpustakaan. Di sini adalah institusi peradaban, jadi jangan sampai membuat kecewa siapapun yang mengunjungi,” pesan Kepala Perpusnas.

Di akhir kegiatan, Kepala Perpusnas bersama seluruh jajaran struktural bergantian menyaksikan dan menandatangani perjanjian kontrak kinerja 2019.

 

Reportase : Hartoyo Darmawan

Fotografer: Radhitya Purnama



Diunggah oleh admin (2019-02-04 20:41:31)