Call Center Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas : 1500-914    

  |    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

28 Jan 2019

Dongeng, Tanamkan Nilai Moral dan Optimalkan Perkembangan Anak

Medan Merdeka Selatan, Jakarta—Aqila (6) tampak sangat bersemangat mengikuti setiap arahan dari pedongeng. Ketika diminta menirukan gerakan maupun suara hewan, Aqila bersama 50 orang dari TK Islam Terpadu Nurul Sakinah Cempaka Putih, Jakarta Pusat, lantang bersuara. Sama sekali tidak terlihat capai. Sejumlah pendidik juga tampak mengawasi dan kompak mengikuti pedongeng.

Mendongeng atau bercerita merupakan salah satu komunikasi yang sederhana yang  mudah dimengerti. Mendongeng juga merupakan cara yang menyenangkan untuk dapat merangsang daya imajinasi dan kreativitas anak sejak dini. Mendongeng bisa menjadi cara efektif untuk menanamkan nilai moral kepada anak. Setiap orang tua dituntut memiliki keterampilan mendongeng. “Dongeng adalah media terbaik dalam mendidik anak karena menarik. Anak cepat menerima dan melakukan sesuatu apabila disampaikan lewat cerita-cerita,” ujar Kepala Bidang Layanan Koleksi Umum Perpusnas Agus Sutoyo mengawali kegiatan Parenting Education Dengan Media Mendongeng.

Parenting Education Dengan Media Pedongeng adalah buah kerja sama dengan tiga mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana, Jakarta, yang terbentuk dalam Clima Organizer dan Komunitas Ayo dongeng Indonesia (Ayodi).

Manfaat besar dongeng bagi anak adalah selain untuk merangsang kekuatan pikiran, menambah kemampuan berbahasa, juga mampu mendorong anak-anak untuk semangat membaca karena sedari dini kecintaan terhadap bacaan sudah ditumbuhkan. Dua pedongeng dari Komunitas Ayodi, Desri dan Rika secara bergantian membawa dongeng sekaligus memberikan parenting lewat mendongeng, sekaligus memberikan cara dan tips dalam memilih cerita dan cara yang menarik dalam membawakan dongeng kepada anak.

Tidak hanya itu, parenting edukasi ini mengajak para orang tua dan guru ikut berperan dalam upaya mengoptimalkan perkembangan pada anak. Untuk mulai memperkenalkan dongeng pada anak yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Salah satu tempat terbaik untuk memulai kegiatan mendongeng adalah di rumah dan di sekolah.

 

Reportase : Hartoyo Darmawan

Fotografer : Hartoyo Darmawan

 



Diunggah oleh admin (2019-02-04 07:01:41)