Call Center Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas : 1500-914    

  |    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

10 Dec 2018

Humas BPKP Studi Banding ke Perpustakaan Nasional

Medan Merdeka Selatan, Jakarta - Humas Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) melakukan studi banding pengelolaan media publikasi dan dokumentasi ke Humas Perpustakaan Nasional. Rombongan BPKP yang dipimpin Kepala Bagian Humas dan Hubungan Antar Lembaga Catur Iman Pratignyo dan berjumlah 22 orang diterima oleh Plt. Kepala Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi Perpusnas Yoyo Yahyono didampingi Kepala Bagian Hukum dan Humas Asep Muslih, Kasubbag Humas Nurhadisaputra, dan staf Humas di Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas, Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11, Jakarta Pusat, pada Senin (10/12).

Dalam pertemuan tersebut, Yoyo Yahyono mengapresiasi kehadiran Humas BPKP di Perpusnas. Yoyo berharap, hal ini bisa menjadi masukan yang baik untuk Perpusnas dalam menjalin hubungan antar Lembaga pemerintah.

Sementara itu, Asep Muslih menjelaskan bahwa Humas Perpusnas berada di eselon empat dan menjalankan lima tugas utama yakni Kehumasan, Dokumentasi, Publikasi, Promosi, dan Manajemen Isu. Selain membangun hubungan ke dalam, Humas Perpusnas juga aktif menjalin hubungan dengan lembaga pemerintah lainnya, pers, dan masyarakat. Sebanyak delapan staf humas menjalankan tugas tersebut.

Nurhadisaputra mengaku ada beberapa kendala dalam menjalankan tugas, salah satunya anggaran yang terbatas untuk promosi. “Namun kami berusaha menjalin hubungan baik dengan teman-teman media,” jelasnya.

Catur Iman menjelaskan Humas BPKP juga mengemban lima tugas utama. Saat ini, Humas BPKP memiliki sumber daya manusia sebanyak 18 orang. “Humas sebagai corong dari publikasi BPKP, kami masih eselon tiga jadi ada beberapa kendala. Kami meliputi tugas dokumentasi, publikasi, manajemen isu, dan promosi. Jadi kami cukup kewalahan. Kami juga mengelola media sosial, jadi memikirkan konten yang menarik untuk pekan depan,” urainya.

Catur Iman berharap BPKP dan Perpusnas dapat bersinergi dalam mendukung program dan kegiatan masing-masing, salah satunya melalui media sosial. Sementara Asep Muslih mendukung hal ini dan berharap silaturahmi antara kedua instansi terjalin dengan baik dalam menjalankan fungsi menyebarluaskan informasi mengenai tugas dan fungsi ke masyarakat.

Sesuai pertemuan, Tim Humas BPKP berkunjung ke ruang layanan koleksi audio visual di lantai 8, koleksi monograf terbuka di lantai 21, dan koleksi budaya nusantara kemudian diakhiri di eksekutif lounge yang berada di lantai 24.

Reportase: Hanna Meinita



Diunggah oleh admin (2018-12-17 11:09:49)