Call Center Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas : 1500-914    

  |    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

31 Oct 2018

Bimtek Pengelolaan Katalog Induk Daerah dan Bibliografi Daerah se-DKI Jakarta

Salemba, Jakarta—Salah satu tugas Perpustakaan Nasional adalah menghimpun data untuk pembuatan Katalog Induk Nasional dan Bibliografi Nasional yang datanya bersumber dari Katalog Induk Daerah dan Bibliografi Daerah. Pembuatan katalog induk dan bibliografi tersebut secara umum dapat mencerminkan kondisi koleksi bahan perpustakaan. Terkumpulnya data terbitan dalam katalog induk dan bibliografi tersebut dapat menjalin dan meningkatkan jaringan kerja sama antar perpustakaan, menyediakan informasi tentang keberadaan koleksi bahan pustaka yang ada di perpustakaan, dijadikan sebagai pusat data dan sarana pelayanan silang layan dalam peminjaman bahan pustaka antar perpustakaan.

Penyusunan Katalog Induk Daerah dan Bibliografi Daerah merupakan tanggung jawab perpustakaan provinsi seperti yang telah diatur dalam UU No. 43 tahun 2007 tentang perpustakaan, UU No. 4 tahun 1990 tentang serah simpan karya cetak dan karya rekam dan Peraturan Pemerintah No. 70 tahun 1991. Karena perpustakaan provinsi sampai saat ini masih belum melakukan tupoksi sesuai dengan yang diharapkan, maka bimbingan teknis pengelolaan Katalog Induk Daerah dan Bibliografi Daerah perlu untuk diselenggarakan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan tugas dan fungsi perpustakaan lembaga, meningkatkan kompetensi SDM perpustakaan, mengembangkan pengelolaan perpustakaan, mengoptimalkan penyusunan dan penerbitan Katalog Induk Nasional dan Bibliografi Nasional dan membantu Perpustakaan Nasional dan perpustakaan provinsi dalam menentukan kebijakan terhadap data bibliografi.

Seiring dengan berkembangnya zaman dan tuntutan kebutuhan pemustaka yang ingin memperoleh beragam informasi yang kompleks, serba cepat dan berbasis elektronik, maka Perpustakaan Nasional kini menerapkan aplikasi online e-KIN untuk Katalog Induk Nasional dan Bibliografi Nasional. Penggunaan aplikasi ini memiliki keuntungan, yaitu dapat dilihat secara real-time, pengumpulan data dan  penyusunan naskah lebih cepat, mudah dan efisien, duplikasi data lebih cepat terdeteksi dan kinerja user dapat terukur jelas.

Fitur yang terdapat dalam aplikasi online tersebut, yaitu pengelolaan Katalog Induk Daerah dan Bibliografi Daerah dalam satu back office, penyusunan dan pencetakan naskah Katalog Induk Daerah dan Bibliografi Daerah, impor data katalog dari berbagai macam sistem, laporan kinerja user, laporan harvest data dan fasilitas salin katalog.

Bimbingan teknis yang dibuka oleh Deputi Bidang Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Ofy Sofiana ini dihadiri oleh pustakawan dari berbagai perpustakaan umum, khusus dan perguruan tinggi se-DKI Jakarta. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan peran perpustakaan dalam menyebarluaskan informasi yang dapat langsung diakses oleh pemustaka.

 

Reportase : Eka Cahyani



Diunggah oleh admin (2018-11-02 08:16:22)