|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

04 Jun 2018

Tausiyah Ramadhan : Keistimewaan Bulan Ramadhan

Salemba, Jakarta—Ibadah puasa merupakan salah satu sarana penting untuk mencapai derajat taqwa. Allah telah menjadikan ibadah puasa khusus untuk diri-Nya dan Allah sendiri yang langsung mengganjarnya.

Di dalam firman Allah pada QS Al Baqarah, Allah memberikan petunjuk tentang keistimewaan bulan Ramadhan. Keistimewaan tersebut yakni diturunkannya Al-Quran di dalam bulan Ramadhan sebagai pelita penerang bagi manusia dari kegelapan menuju cahaya. Al-Quran mengandung kemaslahatan (kebaikan) dan kebahagiaan (kemenangan) bagi umat manusia, serta keselamatan di dunia dan di akherat.

Keistimewaan lain bulan Ramadhan dimana pintu-pintu surga dibuka seluas-luasnya. Hal ini karena banyak amal kebaikan yang bisa dilakukan manusia selama bulan Ramadhan. Pintu-pintu neraka pun diutup selama Ramadhan berlangsung. “Allah menjamin bahwa setiap amal shaleh yang diperbuat akan dilipatgandakan,” ungkap H. Mudhori saat memberikan tausiyah Ramadhan di hadapan seluruh karyawan Perpusnas, Selasa, (4/5).

Diriwayatkan bahwa amalan sunnah di bulan Ramadhan memiliki pahala yang sama dengan amal wajib. Satu amal wajib yang dikerjakan di bulan ini setara dengan 70 amal wajib. Siapa pun yang memberi buka puasa untuk seorang yang berpuasa, maka diampuni dosanya dan dibebaskan dari api neraka, dan baginya pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala oarang yang berpuasa tersebut sedikit pun.

Reportase : Hartoyo Darmawan



Diunggah oleh admin (2018-06-06 08:45:21)