|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

18 Oct 2017

Ekspedisi Bhakti PMK Perpusnas di Kawasan Timur Indonesia

Tual, Maluku- Tingkat budaya baca di Indonesia sudah cukup baik. Namun bahan pustaka bahan untuk memenuhi kebutuhan penduduk Indonesia terutama di kepulauan terpencil masih sangat kurang. Untuk itu, melalui Ekspedisi Bhakti Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) 2017, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) memberikan buku untuk bahan bacaan bagi masyarakat di Pulau Muna, Tual, Dobo, Asmat, dan Merauke.

Menurut utusan Perpusnas, Reymond, kegiatan pemberian buku dalam Ekspedisi Bhakti PMK merupakan wujud dari Revolusi Mental yang dilakukan oleh Perpusnas. Yakni untuk mewujudkan cita-cita bangsa, mencerdaskan kehidupan bangsa dalam rangka meningkatkan indeks literasi masyarakat Indonesia.  Sebanyak 250 judul buku masing-masing 2 eksemplar langsung diberikan kepada perpustakaan Kota Tual. Diharapkan dengan pemberian sumbangan ini mampu memenuhi kebutuhan warga akan bahan bacaan. “Kami berharap, bantuan ini bisa membantu warga dan bisa dijadikan sebagai bahan bacaan,” terang Remon, utusan Perpusnas yang ikut dalam ekspedisi.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan Tual, Abu Darba menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan yang diberikan oleh Perpusnas. Bantuan buku ini akan sangat berarti dalam memberikan bahan bacaan kepada warga.  Tambahan koleksi buku akan membantu dalam membangun perpustakaan di kota Tual. Terutama, karena baru terbentuk Dinas Perpustakaan. “Kami bahagia, Perpusnas memberikan bantuan kepada kami yang jauh di kepulauan ini. Ini wujud kepedulian Perpusnas kepada kami,” ujarnya.

Meski demikian, Abu Darba berharap perpusnas berkenan memberikan sumbangan dalam melengkapi fasilitas perpustakaan terapung untuk melayani masyarakat di pulau-pulau kecil. “Kami sangat membutuhkan kapal Perpustakaan terapung untuk dapat melayani desa dan dusun yang ada di pulau yang masuk dalam Kota Tual. Semoga Perpusnas bisa membantu,” harapnya.

Sebelumnya, utusan Perpusnas, Eko Sutarko, juga telah memberikan bantuan buku di Kabupaten Muna. Selanjutnya bantuan buku akan diberikan ke masyarakat di kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Asmat dan Kabupaten Merauke Merauke. Setiap daerah masing-masing akan diberikan bantuan sebanyak 500 buku.

Kontributor : Remon Sijabat



Diunggah oleh admin (2017-12-07 13:26:44)