Call Center Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas : 1500-914    

  |    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

25 Jun 2019

Universitas Leiden Jajaki Jalinan Kerja Sama dengan Perpusnas

Medan Merdeka Selatan, Jakarta Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando menerima kunjungan resmi dari Direktur Perpustakaan Universitas Leiden, Kurt de Belder, di Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas, pada Selasa (25/6). Kunjungan tersebut untuk melanjutkan kerja sama antara Perpusnas dan perpustakaan universitas di Belanda tersebut yang telah menandatangani pernyataan kehendak kerja sama pada April 2018. Kerja sama yang akan dijajaki di antaranya alih media naskah kuno menjadi digital dan pertukaran staf untuk mendalami teknik alih media digital.

Banyak penelitian yang dilakukan oleh peneliti maupun pelajar di dunia mengandalkan sumber informasi digital yang tersedia di perpustakaan. Memahami hal tersebut, Kurt de Belder mengajak Perpusnas untuk bekerja sama dalam hal alih media naskah menjadi digital, terutama setelah diketahui bahwa separuh dari pengguna koleksi digital berasal dari Indonesia.

“Indonesia memiliki naskah kuno yang jumlahnya cukup banyak dan belum didigitisasi. Koleksi tersebut menyimpan potensi pengetahuan yang dapat digali untuk penelitian,” ungkap Kurt saat beraudiensi dengan Kepala Perpusnas dan jajaran terkait.

Kurt menjelaskan kerja sama ini akan berskala besar dan berpeluang mengajak perpustakaan lain di dunia untuk membangun perpustakaan digital, yang isinya berupa koleksi hasil alih media naskah kuno menjadi digital yang tidak hanya berasal dari Indonesia tetapi juga negara lain. “Koleksi digitisasi tersebut akan sangat bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan secara global karena akan menjadi koleksi akses terbuka (open access),” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando mengatakan, saat ini, Perpusnas memiliki situs website Khastara (Khasanah Pustaka Nusantara, red.) yang berisi naskah kuno yang sudah dialih media digital.

“Naskah kuno yang sudah didigitalisasi bisa diakses siapa pun juga melalui website Khastara. Kami menyambut baik kerja sama Perpusnas dengan pihak Universitas Leiden. Dengan adanya kerja sama ini diharapkan dapat menambah koleksi digitalisasi naskah kuno di Perpustakaan Nasional,” katanya.

Hadir dalam pertemuan tersebut Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Ofy Sofyana serta Sekretaris Utama Sri Sumekar. Sementara itu, Kepala Perpustakaan Universitas Leiden Kurt de Belder didampingi mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wardiman Djojonegoro dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Wildan.

Kunjungan tersebut diselingi dengan berkeliling meninjau fasilitas layanan di beberapa lantai Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas, termasuk ke lantai 2 untuk membuat kartu anggota. Kurt menyatakan kekagumannya dan pujiannya terhadap gedung Perpusnas, fasilitas, dan kunjungan pemustaka yang terlihat ramai.

Reportase: Eka Cahyani/Wara Merdekawati

Foto/Video: R. Radityo/Ahmad Kemal

 



Diunggah oleh admin (2019-06-26 12:01:40)