|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

21 Jun 2021

Perpusnas Berikan Bantuan untuk Kabupaten Sumba Barat dan Murung Raya

Medan Merdeka Selatan, Jakarta—Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI menyerahkan hibah satu unit mobil perpustakaan keliling untuk Kabupaten Sumba Barat. Penyerahan dilakukan Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando kepada Bupati Sumba Barat Yohanis Dade dalam kunjungan kerja. Pada kesempatan tersebut, Kepala Perpusnas juga menyerahkan satu unit motor perpustakaan keliling kepada Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph.

Kepala Perpusnas mengapresiasi kunjungan Bupati Yohanis dan Bupati Perdie ke Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas. Kunjungan ini disebut sebagai kehormatan karena tidak banyak bupati yang berkunjung ke Perpusnas. “Kami berterima kasih karena bapak telah membentuk kelembagaan perpustakaan dan kearsipan sehingga saluran koordinasi teknis bisa berjalan dengan baik,” terangnya di Ruang Rapat Pimpinan Perpusnas, jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta, pada Senin (21/6/2021).

Dia menegaskan, perpustakaan harus mengubah paradigma menjadi ruang belajar bersama bagi seluruh lapisan masyarakat. Perpusnas mengusung program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang menjadikan perpustakaan sebagai pusat ilmu pengetahuan untuk pemberdayaan masyarakat. Perpustakaan yang dibina dalam program ini adalah perpustakaan kabupaten/kota dan perpustakaan desa. Perpustakaan bertransformasi inklusi sosial untuk melakukan transfer knowledge melalui buku-buku ilmu terapan yang menjadi koleksinya.

"Kalau tidak buku ilmu terapan bagi mereka, mereka akan tertinggal terus. Saya akan memberikan buku-buku di mana orang-orang yang adalah pengemis, pengangguran, sekarang sudah punya usaha. Setelah kami mengajari selama setahun, mereka membuat usaha yang diinginkan," urainya.

Sementara itu, menurut Bupati Yohanis, sebesar 90 persen warga Sumba Barat berprofesi sebagai petani. Sumber daya mereka sangat rendah, apalagi gedung perpustakaan tidak memadai. Sehingga dibutuhkan literatur terutama mengenai pertanian.

Bupati Yohanis menyatakan apresiasinya atas dukungan dan bantuan yang diberikan Perpusnas. Bantuan ini diharapkan bisa menjadikan kualitas sumber daya manusia di Sumba Barat semakin meningkat sehingga taraf hidup membaik. “Kami sangat membutuhkan bantuan ini. Dengan bantuan ini, wawasan para petani dapat semakin baik dan mereka dapat meningkatkan taraf hidup mereka ala pertanian modern. Mudah-mudahan apa yang sudah kami peroleh, dapat kami manfaatkan sebaik-baiknya,” jelasnya.

Bupati Perdie menyatakan mendorong minat baca masyarakat, khususnya dengan digitalisasi, memang dibutuhkan untuk mengejar ketertinggalan negara. Menurutnya, salah satu faktor penyebab ketertinggalan bangsa karena tidak menguasai literasi. Dia mengapresiasi Perpusnas atas bantuan yang diberikan untuk Kabupaten Murung Raya. Bantuan ini berkontribusi dalam mendorong percepatan peningkatan kecerdasan atau ilmu pengetahuan dan teknologi melalui digitalisasi dan bantuan program pendidikan lainnya yang berkenaan dengan literasi atau perpustakaan.

"Tentunya harapan kami agar supaya kerja sama ini bisa tetap dilaksanakan ke depannya, sehingga apa yang menjadi harapan kita bersama yaitu mencerdaskan masyarakat Kabupaten Murung Raya, khususnya dunia pendidikan, anak muda milenial, bisa tercapai. Bagaimana kita sosialisasikan dan mengedukasikan minat baca, gemar membaca, supaya mereka tidak gagap teknologi dan tertinggal terhadap update informasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang bisa mereka akses melalui literasi yang ada," ungkapnya.

Reporter: Hanna Meinita

Fotografer: Aji Anwar



Diunggah oleh admin (2021-06-21 16:33:40)