|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Beranda / Koleksi Digital / Majalan Online / JUMANTARA

Strategi Pelestarian dan Penyelamatan Khazanah Kesusastraan Melayu Klasik Koleksi Masyarakat di Beberapa Tempat di Sumatera


Majalah : JUMANTARA, Edisi : Jumantara Volume 8 Nomor 2 Tahun 2017

Abstrak :

Sumatera merupakan sumber kesusastraan Melayu klasik dalam bentuk tertulis (naskah) yang penting di Indonesia. Di berbagai wilayahnya dapat ditemukan ribuan naskah yang mengandung teks kesusastraan Melayu klasik yang masih tersebar di tengah masyarakat sebagai koleksi pribadi. Namun demikian, sayangnya naskah yang biasanya ditulis sekitar abad XVII sampai akhir abad XIX sudah banyak yang rusak dan mendekati kerusakan.

Adapun kerusakan naskah-naskah disebabkan oleh faktor fisiologis (faktor fisik dan umur naskah), mekanis (bencana alam dan benda lain) dan biologis (serangga dan mikroorganisme lain). Selain itu, ketidaktahuan pemilik naskah tentang cara merawat dan menyimpan naskah juga mempercepat kerusakan naskah. Kondisi ini ditambah lagi dengan sikap peneliti naskah di Indonesia yang lebih mementingkan teks daripada persoalan pelestarian naskah.

Tulisan ini menawarkan strategi pelestarian dan penyelamatan kesusastraan Melayu klasik dalam bentuk naskah yang masih tersebar di beberapa wilayah di Sumatera. Sebelum itu, dalam tulisan ini disenaraikan beberapa usaha pelestarian dan penyelamatan naskah yang pernah dilakukan di Aceh,  Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat dan Jambi. Pelestarian dan penyelamatan naskah di wilayah ini terutama penyelamatan isi naskah melalui digitalisasi maupun fisiknya melalui perbaikan fisik naskahnya. Tulisan ini dimaksudkan untuk menggambarkan kondisi kesusastraan Melayu klasik dan strategi pelestarian dan penyelamatan khazanah kesusastraan Melayu klasik dalam bentuk naskah tersebut.

Kata Kunci : kesusastraan Melayu Klasik, naskah, pelestarian, penyelamatan, Sumatera.

Pengarang : Sesilia Seli , Mohamad Mokhtar Bin Abu Hassan , Pramono

Subyek : Naskah Kuno, Melayu, Preservasi

Sumber :

 



Diunggah oleh Budi13 (2019-03-05 11:23:28)