|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Beranda / Koleksi Digital / Majalan Online / JUMANTARA

Naskah Samarkandi Bab Shalat: Makna Shalat Dalam Perspektif Tasawuf


Majalah : JUMANTARA, Edisi : Jumantara Volume 8 Nomor 2 Tahun 2017

Abstrak :

Salah satu bentuk tulisan tangan hasil dari buah tangan Indonesia adalah naskah yang berjudul  Naskah Samarqandi Bab Shalat yang ditulis di Betawi sekitar abad ke-19. Dalam naskah halaman pertama dijelaskan bahwa naskah Samarkandi ini adalah milik Tuan Al-Faris, kemudian murid beliau seorang anak Cirebon yang sedang belajar di Betawi bernama Enci’ Du’ Aljabar menyalin kitab ini sebagai sarana untuk belajar menulis karena takut dikira pemalas. Diakhir pembukaannya dalam surat Enci’ pun meminta maaf kepada pembaca apabila tulisannya seperti cakar hayam. 

Pembahasan pada bab ini membahas tentang hakikat shalat dan maknanya dari beberapa pendapat, diantaranya pendapat ahli haqiqah, ahli ma’rifat, ahli tafsir dan sebagian dari Pandit.

Dalam naskah, shalat tidak hanya sekedar terpenuhinya syarat-syarat dan rukun yang telah ditentukan, tetapi maknanya lebih kepada hubungan antara makhluk dan penciptaNya, dan makhluk dengan alam sekitarnya, apa ganjaran dari shalat yang sempurna dan bagaimana shalat ditasybihkan dengan hal-hal yang ada di alam ini.Naskah ini hadir dengan menggunakan bahasa melayu dengan aksara jawi (pegon), yang merupakan salah satu koleksi British Librarydengan kode naskah MSS Malay C 7.

 

Kata Kunci : Samarkandi, shalat, tasawuf

Pengarang : Nurhayati Primasari

Subyek : Naskah Kuno

Sumber :

 



Diunggah oleh Budi13 (2019-03-05 11:17:33)