|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  


Pendidikan Inklusi Pedoman Bagi Penyelenggaraan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

Penerbit : Jejak Publisher
Tahun : 2021 (digital)
Penulis : Septy Nurfadhillah, M.Pd & Kelas 7D-PGSD

Keberadaan anak berkebutuhan khusus (selanjutnya disingkat ABK) dalam keluarga membawa banyak konsekuensi khususnya dalam pengasuhan. Dibutuhkan kesiapan mental bagi orangtua untuk mengasuh anak ABK. Pemerintah dalam hal ini memberikan perhatian khusus bagi pendidikan inklusi melalui dikeluarkannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No.70 Tahun 2009 Pasal 1 Tentang “Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa”. Melalui peraturan ini diharapkan terjadinya kesetaraan pendidikan bagi seluruh anak ABK di Indonesia.

 

Pendidikan inklusi merupakan layanan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus yang sekolah di sekolah regular dengan menempatkan anak berkebutuhan khusus sesuai dengan tingkat kelainannya. Pendidikan inklusif dimulai dengan filosofi bahwa semua anak dapat belajar dan tergabung dalam sekolah dan kehidupan komunitas umum. Oleh karena itu, layanan khusus yang diberikan perlu disesuaikan dengan jenis-jenis kebutuhan khususnya.

 

Buku ini penting dibaca mengingat dalam pendidikan inklusi dibutuhkan peranan segala pihak seperti peran pendidik, pemerintah daerah, masyarakat, serta peran orang tua dalam membantu mengembangkan potensi anak berkebutuhan khusus. Layanan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan anak berkebutuhan khusus akan memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap kemampuan yang dimiliki. Permasalahan yang dihadapi anak berkebutuhan khusus tidaklah sedikit. Ia harus mampu berjuang untuk masa depannya dan mengatasi permasalahan baik permasalahan sosial maupun pribadi. Layanan pembelajaran perlu diberikan agar mereka mampu mendapatkan penghidupan yang layak dan melakukan bina diri sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.



Diunggah oleh edithya (2021-11-23)