|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  


Edukasi kesehatan reproduksi remaja

Penerbit : Airlangga University Press
Tahun : 2020
Penulis : Rima Wirenviona, A.A. Istri Dalem Cinthya Riris

Masa remaja merupakan masa transisi peralihan menuju kedewasaan. Masa peralihan tersebut ditandai dengan sejumlah perubahan dari segi fisik, psikologis dan sosial. Salah satu perubahan segi fisik tersebut adalah berkembangnya sistem reproduksi yang ditandai dengan pubertas. Pubertas pada perempuan ditandai dengan menstruasi dan pada laki-laki ditandai dengan emisi nokturnal.

Remaja yang mengalami masa pubertas pada umumnya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, suka terhadap tantangan, ingin mencoba berbagai hal baru, dan tindakan khas lainnya untuk mencari jati diri. Jika remaja terjebak dalam perkembangan pribadi yang "lemah", maka kemungkinan untuk mudah terjerumus ke dalam belenggu penyalahgunaan narkoba, aborsi, pernikahan dini, pergaulan bebas, dan sebagainya akan semakin mudah. Oleh karena itu, remaja juga perlu difasilitasi dengan adanya sumber informasi terkait kesehatan reproduksi.

Buku ini bermanfaat sebagai panduan bagi remaja untuk memahami berbagai aspek kesehatan diri secara komprehensif. Buku ini juga memiliki bab yang dikhususkan bagi orang tua dalam memahami kesehatan remaja. Bagi para tenaga kesehatan dan juga tenaga pendidik, buku ini bermanfaat sebagai pendampingan dalam melaksanakan tugas untuk memastikan para remaja memahami dan mengaplikasikan dasar-dasar pengetahuan kesehatan reproduksi.



Diunggah oleh edithya (2021-11-19)