Upacara HUT ke-42, Kepala Perpusnas Ajak Gelorakan Semangat Kepustakawanan yang Mencerdaskan

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Salemba, Jakarta - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI rayakan hari jadi ke-42 tahun dengan melangsungkan upacara bendera secara hybrid di Lapangan Parkir Perpusnas Salemba dan Zoom Meeting, Selasa (17/5/2022).

Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando, mengatakan perjalanan bangsa-bangsa di dunia selalu ditandai dengan adanya sebuah perpustakaan yang maju. Karena perpustakaan sejatinya lahir bersama dengan peradaban umat manusia. Selain itu, baginya, sebuah bangsa yang memiliki perpustakaan yang maju dan modern pasti akan disertai dengan kemampuan untuk memproduksi barang dan jasa.

“Saat ini, sebuah bangsa yang menguasai perpustakaan pasti akan mampu memproduksi produk-produk yang berteknologi tinggi dan mengguncang dunia,” ucap Syarif Bando.

Bertepatan dengan Hari Buku Nasional 2022, Kepala Perpusnas mengajak para karyawan Perpusnas untuk terus menggelorakan semangat kepustakawanan yang mencerdaskan. Mengingat bahwa mencerdaskan kehidupan anak bangsa telat diamanatkan dalam Konstitusi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Lebih lanjut, Syarif Bando juga menekankan sejarah bangsa Indonesia merupakan sebuah sejarah panjang yang tercatat dalam sejarah peradaban dunia yang tidak boleh redup oleh perjalanan waktu. Melainkan akan terus menjadi terang benderang dan bercahaya oleh seluruh perpustakaan yang ada di nusantara.

“Itulah sebabnya, kita mendeklarasikan perpustakaan sebagai jembatan ilmu pengetahuan di masa lampau, kini, dan mendatang. Siapa yang mengetahui tentang kejelasan sejarah masa lalunya pasti dia akan berada pada situasi dimana saat ini dia bisa berkontribusi dalam percaturan global,” jelasnya.

Tagline Perpusnas tahun 2022 yakni Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional menuntut pembangunan kapasitas (capacity building), rancangan dan interaktivitas (design and interactivity), dan perubahan pola pikir (mindset change) para pustakawan dan pegiat literasi seluruh Indonesia.

Dalam upaya merealisasikan hal tersebut, Perpusnas telah menyiapkan 17 gagasan diantaranya perpustakaan digital iPusnas, Indonesia One Search (IOS), e-Resources, INLIS-Lite, alih media bahan perpustakaan dan naskah kuno, layanan ISBN dan ISMN online, E-learning Diklat Pustakawan (Eldika), pengembangan infrastruktur TIK, uji kompetensi pustakawan online, Pojok Baca Digital (Pocadi), layanan mobil perpustakaan keliling multimedia, pembangunan modul interlibrary loan terintegrasi pada aplikasi perpustakaan, pengembangan aplikasi tajuk penerbit (Direktori Penerbit), aplikasi kartu anggota virtual berbasis Android/IOS, pendataan perpustakaan, e-Deposit, dan visitasi online akreditasi perpustakaan.

Seluruh petugas dan peserta upacara yang mengenakan busana adat melaksanakan upacara secara khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Reporter: Basma Sartika

Fotografer: Ahmad Kemal Nasution

 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN