Pj Wali Kota Payakumbuh dan Komisi I DPRD Kabupaten Tegal Kunjungi Perpusnas

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Medan Merdeka Selatan, Jakarta - Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI Muhammad Syarif Bando menerima secara langsung kunjungan PJ Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda dan Komisi I DPRD Kabupaten Tegal.

Dalam kunjungan tersebut, Rida menyampaikan maksud kedatangannya untuk melakukan koordinasi terkait rencana penggunaan eks Kantor Wali Kota menjadi gedung perpustakaan daerah.

"Kami berencana menyulap gedung eks Kantor Wali Kota menjadi gedung perpustakaan yang layak untuk dikunjungi sebagai pusat literasi masyarakat Payakumbuh," ungkapnya, Kamis (19/1/2023).

Rida menilai, gedung eks Kantor Wali Kota masih dapat digunakan untuk fasilitas umum perpustakaan. Gedung yang memiliki tiga lantai ini berada di lokasi yang strategis sehingga representatif apabila dialihgunakan menjadi perpustakaan.

Terlebih, lanjutnya, persoalan SDM menjadi masih menjadi masalah. Sehingga dengan kehadiran perpustakaan yang representatif ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan sekaligus meningkatkan literasi masyarakat.

"Payakumbuh ini merupakan kota kecil dengan APBD hanya sebesar Rp 700 miliar, kedatangan kami ingin mengajukan Dana Lokasi Khusus (DAK) untuk renovasi gedung tersebut mnejadi perpustakaan. Kami tidak bangun cuma rehab," lanjutnya.

Pihaknya juga menyadari saat ini paradigma perpustakaan sudah berubah. "Perpustakaan bukan hanya sekadar membaca buku, tetapi ada outcome dari buku yang dibaca," ungkapnya.

Di sisi lain, Ketua Komisi I DPRD kabupaten Tegal, Sugono menyampaikan, terkait penyelesaian perluasan gedung perpustakaan Kabupaten Tegal. Kabupaten Tegal mendapat bantuan DAK tahun 2022 untuk perluasan gedung senilai Rp 2,19 miliar.

"Sudah dalam proses lelang dan pembangunan. Hanya saja bangunan gedung tersebut belum selesai. Dan masih ada sisa anggaran Rp 1,1 miliar," jelas Sugiono.

Sisa anggaran tersebut, jelas Sugino telah masuk ke kas daerah. Pihaknya menginginkan adanya surat rekomendasi dari pihak Perpusnas agar anggaran tersebut dapat digunakan kembali untuk perluasan gedung perpustakaan.

"Harapan kami ada surat rekomendasi dari Perpusnas yang lebih spesifik agar bangunan tiga lantai ini tidak mangkrak," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando mengatakan, perpustakaan membagi tugasnya menjadi tiga. Diantaranya, manajemen koleksi, manajemen pengetahuan dan transfer pengetahuan.

"Kita sudah diberi kekayaan berlimpah tetapi tidak punya skill. Dari mana teknologi itu? Ya dari membaca. Betapa pentingnya membaca untuk mendapatkan pengetahuan," kata Syarif.

Syarif pun mengapresiasi kunjungan Pj Wali Kota Payakumbuh dan Komisi I DPRD Kabupaten Tegal sebagai wujud komitmen dan dukungan kepala daerah maupun legislatif dalam pengembangan perpustakaan di daerah. 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

statcounter