Perpusnas Berkomitmen Penuh Dalam Menciptakan Inovasi Pelayanan Publik

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jakarta -  Berdasarkan Peraturan Menteri PANRB No. 30/2014, inovasi pelayanan publik adalah terobosan jenis pelayanan publik baik yang merupakan gagasan/ide kreatif orisinal dan/atau adaptasi/modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini selaras dengan dengan Tujuan pembangunan perpustakaan yaitu Penguatan budaya literasi, inovasi dan kreativitas dengan pemanfaatan perpustakaan bagi terwujudnya masyarakat pembelajar sepanjang hayat.

Bertindak sebagai pimpinan apel pada hari Senin (29/08/2022) Kepala Pusat Bibliografi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan, Suharyanto. Pada kesempatan hari ini, beliau mengangkat tema “Kreativitas Tanpa Batas, Inovasi Tiada Henti”. Perpusnas sendiri telah melakukan berbagai macam inovasi dalam hal pelayanan publik diantaranya adalah SiGoblic atau Sistem ISBN Go Public yang menjadi 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2022 yang ditetapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Republik Indonesia.

“Insya Allah Inovasi ini akan berkelanjutan, yang akan saya Rancang Dalam Proyek Perubahan Kepemimpinan Nasional Tingkat II dengan judul Inovasi “KINOS Membangun Peradaban Bangsa”. KINOS, singkatan dari Katalog ISBN Online Searching.” terang Suharyanto

Perpusnas sendiri juga melakukan Inovasi lainya, khususnya yang terkait dengan pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Perpustakaan Nasional yang pada tahun 2022 ini telah memasuki tahun ke-11. Hal ini terlihat dari peningkatan Indeks Reformasi Birokrasi Perpustakaan Nasional yang pada tahun 2021 adalah 76.92 dengan kategori BB (Sangat Baik) sedangkan untuk Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Perpustakaan Nasional Tahun 2022 adalah 88.39 dengan katagori A (Memuaskan).

“Tim Reformasi Birokrasi khususnya pada pokja Manajemen Perubahan dan Sekretariat RB Perpusnas, sedang menyiapkan inovasi pelayanan publik yang akan diajukan dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2023, telah terdata 17 Inovasi yang telah dilakukan oleh Perpustakaan Nasional dan 60 Inovasi dari hasil Agen Perubahan Tahun 2022.” tambah Suharyanto

Reportase: Fauzan Abdi

 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN