Membangun Kualitas SDM Melalui Perpustakaan

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Brebes, Jawa Tengah – Warga Kabupaten Brebes kini dapat menikmati Gedung Perpustakaan Umum yang merupakan persembahan dari pemerintah pusat.

Pembangunan gedung dua lantai ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2022 bidang pendidikan subbidang perpustakaan senilai Rp 9,2 miliar.

Gedung perpustakaan umum yang berada di Jalan Raya Gor 2 Kelurahan Gandasuli Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes ini, diresmikan secara langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI Muhammad Syarif Bando dan Bupati Brebes Idza Priyanti pada Selasa, (23/11/2022).

Bupati Brebes Idza Priyanti menyampaikan, hadirnya perpustakaan menjadi salah satu cara membangun salah satu cara membangun kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan menyediakan sumber-sumber pengetahuan yang akan mendongkrak peningkatan literasi, inovasi dan kreativitas.

"Dengan keberadaan perpustakaan yang baru dapat menambah pengetahuan, wawasan serta pengembangan literasi bagi masyarakat Kabupaten Brebes," ungkap Idza.

Lokasi gedung perpustakaan umum yang strategis, lanjut Bupati, sengaja dipilih untuk mendorong masyarakat berkunjung ke perpustakaan. Menjadikan perpustakaan sebagai tempat rekreasi, dan tempat wisata baca yang nyaman dan menyenangkan.

"Di sekitar gedung ini terdapat taman edukasi serta komplek GOR sehingga menjadi lokasi yang terintegrasi. Kita jadikan gedung perpustakaan ini menjadi idola keluarga, sehingga sambil berkumpul dengan keluarga sambil membaca," lanjut Bupati.

Pihaknya juga meminta Dinas Pendidikan agar membuat agenda kunjungan para siswa sekolah secara bergiliran. Ini dilakukan untuk membiasakan anak-anak membaca, sehingga nantinya membaca itu menjadi sebuah kebutuhan.

"Semoga gerakan pembudayaan kegemaran membaca akan dapat berjalan baik di Kabupaten Brebes, sehingga indeks pembangunan literasi masyarakat di Brebes akan meningkat," tuturnya.

Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando mengapresiasi komitmen jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes dalam menyiapkan infrastruktur dan fasilitas untuk mewujudkan program Presiden Joko Widodo 2020-2024 dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia.

"Terima kasih yang tak terhingga kepada jajaran Pemkab Brebes melalui upaya mempersiapkan infrastruktur dan fasilitas terkait dengan upaya menghadirkan masyarakat Indonesia yang dicita-citakan dalam UUD 45," ungkap Syarif.

Syarif menjelaskan, Indonesia didirikan oleh Founding Father yang mencintai buku. Indonesia didirikan oleh  para pemikir ketika Indonesia dalam penjajahan.

"Bung Karno dan teman-teman yang memperjuangkan kemerdekaan tidak sedang mengumpulkan kekuatan militer tetapi mereka menghabiskan semua buku yang terbit dalam dan luar negeri, sehingga lahirlah Indonesia menggugat yang disampaikan dalam Konferensi Asia-Afrika," jelasnya.

Maka, inilah pentingnya literasi yang merupakan kedalaman pengetahuan seseorang terhadap satu subjek ilmu pengetahuan. Bahkan saat ini puncak literasi tertinggi adalah kemampuan memproduksi barang dan jasa, bukan sekadar baca tulis saja.

Di sisi lain, Syarif Bando mendorong masyarakat Brebes untuk menulis buku tentang asal-usul, potensi, kebudayaan Kabupaten Brebes. Sebagai kabupaten yang sangat besar di Jawa Tengah, Brebes dapat dikenal masyarakat luas melalui tulisan.

"Tidak mungkin kita menunggu warga Aceh menulis tentang Brebes. Tentu warga Brebes yang mengerti dan paham tentang wilayahnya. Kami mohon ada kebijakan dan anggaran untuk menulis buku tentang Brebes," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X Abdul Fikri Faqih mendorong masyarakat untuk memanfaatkan gedung perpustakaan umum Kabupaten Brebes.

"Salah satu cara berterima kasih atas dibangunnya gedung perpustakaan ini, dengan memanfaatkan perpustakaan dengan sebaik-baiknya," ungkapnya.

Perpustakaan umum ini, lanjut Fikri, jangan hanya menjadi simbol saja tetapi digunakan untuk berbagai kegiatan dalam peningkatan literasi. "Perpustakaan umum ini tidak hanya menjadi simbol saja, tidak ada orang sukses kecuali dengan membaca. Tularkan virus membaca dan menulis," kata Fikri.

 

Reportase: Wara Merdeka

Fotografer: Ahmad Kemal

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN