KOORDINASI DAN ADVOKASI DENGAN MITRA JEJARING MITRA INDONESIA ONE SEARCH DI DKI JAKARTA TAHUN ANGGARAN 2023

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (RI) terus melakukan inovasi untuk memperkuat perannya sebagai pusat jejaring perpustakaan dengan meluncurkan Portal Indonesia One Search. Portal ini adalah langkah maju dalam memenuhi fungsi perpustakaan sebagai perpustakaan pembina, rujukan, deposit, penelitian, pelestarian, dan pusat jejaring perpustakaan, sesuai dengan UU No. 43 Tahun 2007 Pasal 1 ayat 5.

Kegiatan koordinasi dan advokasi dilakukan di DKI Jakarta pada tanggal 24 - 26 Oktober 2023, bertempat di Hotel MAIA Jakarta Pusat. Acara ini dihadiri oleh 131 peserta secara luring dan 58 peserta secara daring. Peserta luring berasal dari perwakilan perpustakaan perguruan tinggi, sekolah/madrasah, dan perpustakaan khusus di wilayah DKI Jakarta, Bodetabek, dan sekitarnya. Sementara peserta daring berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya bergabung dalam jejaring perpustakaan melalui Portal Indonesia One Search kepada pengelola perpustakaan yang belum tergabung. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendiskusikan kendala teknis dan non-teknis yang dihadapi oleh perpustakaan mitra serta mencari solusi terbaik untuk meningkatkan kontribusi dalam menghimpun dan mendesiminasikan koleksi kepada masyarakat melalui portal tersebut.

Kegiatan koordinasi dan advokasi dibuka dengan penyampaian Laporan Penyelenggaraan Kegiatan oleh Aristianto Hakim, S.IPI. selaku Ketua Panitia kegiatan Koordinasi dan Advokasi dengan mitra jejaring Indonesia One Search di DKI Jakarta dan dilanjutkan materi oleh narasumber yang turut diundang dalam koordinasi dan advokasi dengan beragam materi yang diberikan, antara lain: Dr. Taufiq A. Gani, S.Kom., M. Eng. Sc (Kepala Pusat Data dan Informasi Perpusnas RI) – Kebijakan Perpustakaan Nasional Terkait Jejaring Perpustakaan Digital Nasional; Mujiani, S.Sos (Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan Nasional RI) – Jejaring Perpustakaan Mendorong Penerapan Instrumen Akreditasi Perpustakaan; Soni Pawoko, S.Sos., M.TI ( Anggota Komisi Teknologi Informasi, Pengurus Pusat Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi) – Peran dan Pemanfaatan Indonesia One Search dari Perspektif Perpustakaan Perguruan Tinggi; Dr. Riko Bintari Pertamasari, M.Hum (Ketua Umum Forum Perpustakaan Khusus Indonesia) – Peran dan Pemanfaatan Indonesia One Search dari Perspektif Perpustakaan Khusus; Muhammad Ihsanudin, M.Hum (Ketua Dewan Pembina Pengurus Pusat Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia) – Peran dan Pemanfaatan Indonesia One Search dari Perspektif Perpustakaan Sekolah; Aristianto Hakim, S.IPI (Pustakawan Muda/Ketua Kelompok P2DI dan SMKI Pusat Data dan Informasi) – Pengenalan Indonesia One Search; Dwi Fajar Saputra, S.Sos., M.M. (Praktisi Repositori) – Praktik Cara Mengaktifkan Modul Protokol OAI-PMH pada Aplikasi Repositori (Slims, OJS, ePrints, Dspace); Hendry Kurniawan, A.Md (Pranata Komputer pada Pusat Data dan Informasi) – Praktik Cara Mengaktifkan Modul Protokol OAI-PMH pada Aplikasi Repositori (INLISLite); Reiza Metsya Putra, ST. (Pranata Komputer pada Pusat Data dan Informasi) – Praktik Cara Mendaftarkan Repositori pada Portal Indonesia One Search yang dimoderatori oleh Rifa Fadilah, S.Sos., Dewi Endag Wasitarini, S.Kom., M.TI., Bima Iffan Hakim, S.Kom., Rusnah Setiani, S.Kom.

Dalam kegiatan ini, peserta berkesempatan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang konsep dan implementasi portal Indonesia One Search serta berbagi pengalaman dan tantangan yang mereka hadapi dalam pengelolaan perpustakaan. Diskusi yang berlangsung memungkinkan terciptanya solusi yang efektif untuk meningkatkan partisipasi perpustakaan dalam jejaring tersebut.

Diharapkan, melalui kegiatan ini, perpustakaan-perpustakaan di DKI Jakarta dan sekitarnya dapat lebih memahami manfaat dan pentingnya bergabung dalam jejaring perpustakaan nasional melalui Portal Indonesia One Search. Dengan demikian, kolaborasi antarperpustakaan akan semakin kuat dan koleksi yang tersedia untuk masyarakat akan semakin luas dan mudah diakses.

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN