Kaperpusnas: Jangan Datang sebagai CPNS dengan Perilaku Persiapan Pensiun

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Medan Merdeka Selatan, Jakarta - Jangan datang sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan perilaku persiapan pensiun. Dengan rutinitas tersebut, niscaya prestasi luar biasa tidak akan pernah didapat.

Demikian disampaikan oleh Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Muhammad Syarif Bando, saat memberikan pengarahan kepada 122 CPNS Golongan III dan Golongan II di Lingkungan Perpusnas yang akan melaksanakan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Tahun 2022.

Lebih lanjut dikatakan Syarif Bando bahwa Latsar CPNS adalah sebuah jalan untuk membentuk karakter yang dibutuhkan dalam menjalankan proses kerja dengan baik. Karena telah menjadi tugas Aparatur Sipil Negara (ASN) dimana pun berada untuk menjalankan roda kehidupan bangsa.

“Hanya tingkat kemampuan profesional yang akan menentukan posisi kalian di masa depan,” ucapnya di Ruang Serbaguna Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas, Kamis (21/7/2022).

Selain itu, Kepala Perpusnas juga berpesan ASN harus menjadi ahli hukum. Karena ASN adalah bagian dalam penyelenggaraan langsung dan tidak langsung dari hukum negara. Sehingga untuk dapat menyalurkan pendapat atas peraturan yang ada, dia meminta agar 122 CPNS tersebut untuk semakin rajin membaca.

“Kalau tidak baca, nanti akan seperti buih di lautan yang terombang-ambing tidak tahu arah,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpusnas, Teguh Purwanto, menginformasikan bahwa Latsar CPNS Golongan III dan II di Lingkungan Perpusnas RI Tahun 2022 akan berlangsung selama 74 hari yakni pada 25 Juli – 13 Oktober 2022 di Pusat Pelatihan Manajemen & Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Kementerian Pertanian, Ciawi, Bogor.

Total peserta Latsar CPNS Tahun 2022 terdiri dari 192 orang. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari 3 Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), yakni Perpusnas, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Reporter: Basma Sartika

Fotografer: Alfiyan Tarih Alfatih

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN