Diskusi Buku Karya Pegawai Perpusnas "ASN Bangga Melayani Bangsa"

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jakarta – Penerbit Perpusnas Press menggelar diskusi buku berjudul ASN Bangga Melayani Bangsa sekaligus sosialisasi e-Publishing, Selasa (16/8) di Ruang Auditorium Perpusnas, Jl. Salemba Raya Jakarta. Buku yang dibahas adalah hasil tulisan 18 pegawai Perpusnas dalam kegiatan kompetisi penulisan Perpusnas Press tahun 2021, kolaborasi dengan KORPRI Perpustakaan Nasional. Kegiatan diikuti penulis buku, pegawai di lingkungan Perpusnas dan beberapa dari Komunitas Pelita (Penulis Literasi Pustaka).

Dalam sambutannya Kepala Biro Hukum, Organisasi, Kerja Sama dan Humas, Sri Marganingsih menyampaikan bahwa kegiatan diskusi buku ini sebagai bagian dari kegiatan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-77.

“Dalam rangka turut menyemarakkan Peringatan Ulang tahun Ke-77 Republik Indonesia sekaligus menginternalisasi nilai-nilai ASN Berakhak yang diterjemahkan dalam tulisan kemudian dibukukan dan diterbitkan oleh perpusnas Press dalam Buku Antologi, ASN Bangga Melayani Bangsa, maka kegiatan hari ini sangat penting untuk kita semua. Bukan hanya bagi para penulis, tetapi seungguhnya memiliki makna bagi setiap ASN di Perpustakaan Nasional RI,” urai Sri Marganingsih.

Meski peserta yang hadir dalam kegiatan ini terbatas, tetapi kisah, pengalaman dan pengetahuan para penulis nantinya dapat disebarluaskan kepada semua ASN di Perpusnas. Demikian juga untuk content dari buku juga telah tersedia secara digital yang dapat dibaca dan diakses melalui aplikasi Sistem Informasi penerbitan (SiPena) dan platform Perpustakaan Digital di iPusnas.

Sebagai pembahas dalam diskusi Buku ASN Bangga Melayani Bangsa adalah beberapa penulis yaitu Ilsa Nurul Oktaviani (Pusat Analisis Perpustakaan dan pengembangan Budaya Baca), Syahrul (Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara), Dede Gimilar (Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara), Johar Dwiaji Putra (UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta), M. Yanuar Hafidz (UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno) dan Edi Wiyono (Pemimpin Redaksi Perpusnas Press) dengan dipandu moderator Elsa Tuasamu (Subkoordinator Penerbitan).

Para penulis berbagai pengalaman dan pengetahuan terkait tema-tema yang diangkat dalam tulisan buku ini. Dengan pendekatan core value ASN Berakhlak, penulis menerjemahkan nilai-nilai yang terkandung kemudian menghubungkannya dengan realitas yang terjadi, baik terkait pengalaman pribadi maupun yang berhubungan dengan pekerjaan sehari-hari di unit kerja masing-masing.

Dalam kesempatan ini, Edi Wiyono juga memaparkan dan menjelaskan tentang implementasi TIK di penerbitan yang diterjemahkan dengan hadirnya aplikasi SiPena, dimana didalamnya terintegrasi dengan ePublishing.

“Hal ini sesungguhnya adalah respon kami dalam menjawab perkembangan TIK dan sebagai bagian dari penerapan SPBE di lingkungan Perpusnas. Selain itu juga untuk memberikan kemudahan akses bagi pembaca terhadap buku-buku yang telah kami terbitkan. Di sisi lain juga memberikan kemudah kepada para penulis dalam mengirimkan naskah atau tulisannya untuk bisa masuk ke redaksi Perpusnas Press,” tambahnya.

Bagi siapa saja yang ingin membaca buku ASN Bangga Melayani Bangsa, dapat membaca dan mengunduh secara online/digital di SiPena (http://press.perpusnas.go.id) dan platform iPusnas. Sementara disisi lain, bagi yang ingin mengirimkan naskah/tulisannya untuk diterbitkan erpusnas Press dapat disubmit di ePublishing (https://epublishing.perpusnas.go.id).

Reporter : Edi Wiyono

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN