|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

06 Dec 2018

Kepala Perpusnas Kukuhkan Pengurus Forum Perpustakaan Sekolah/Madrasah Indonesia

Jakarta - Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhamad Syarif Bando mengukuhkan Pengurus Pusat Forum Perpustakaan Sekolah/Madrasah Indonesia (FPSMI) periode 2018-2022. Pengukuhan pengurus baru para pengelola perpustakaan sekolah dan madrasah tersebut diselenggarakan dalam Seminar dan Pengukuhan Pengurus FPSMI dengan tema “Pustakawan Sekolah/Madrasah Menjadi Motor Penggerak Literasi dalam Menghadapi Paradigma Belajar Abad 21” di The Media Hotel, Jakarta, pada Kamis (6/12).

Dalam sambutannya, Syarif Bando meminta para pengurus FPSMI dan pengelola perpustakaan sekolah dan madrasah agar memiliki kepercayaan diri menyampaikan ide dan gagasan kepada para pengambil kebijakan. Ide dan gagasan yang mumpuni bisa menjadi pertimbangan para pengambil kebijakan terkait pengembangan perpustakaan sekolah dan madrasah. “Karena yang bisa mempengaruhi para pengambil kebijakan di republik ini, apakah itu kepala sekolah, pendidik, kepala dinas, kepala daerah, adalah ide dan gagasan. Jadi saya tantang forum ini, para pengurus, dan kepala perpustakaan, untuk membuat ide dan gagasan yang membuat kepala sekolah percaya Anda pantas menjadi kepala perpustakaan dan pantas mendapatkan anggaran,” jelas Syarif Bando.

Menghadapi revolusi industri 4.0, pengelola perpustakaan sekolah dan madrasah didorong agar memanfaatkan koleksi digital Perpusnas. Syarif Bando meminta para pengelola perpustakaan mengenalkan aplikasi digital iPusnas dan Indonesia One Search kepada para peserta didik di sekolah dan madrasah. “Jadi, bagikan buku-buku itu kepada anak-anak. Ajari bagaimana masuk di iPusnas, IOS, sehingga nanti kami (Perpusnas, red) bisa memberikan pelayanan. Itu penting,” tutur Syarif Bando. 

Menghadapi revolusi industri 4.0, ada enam syarat yang harus dimiliki yakni kompetensi memecahkan masalah, kepemimpinan, kolaborasi, adaptasi, inovasi, dan kreativitas. Para pengelola perpustakaan sekolah dan madrasah, apapun jabatannya, harus mampu memecahkan masalah yang ada di perpustakaannya. “Kalau tidak menemukan solusi di lingkungan bapak ibu, silakan ke Perpustakaan Nasional. Sebab permasalahan sekolah bapak/ibu, satu dua tiga, akan menjadi masalah nasional,” jelas Syarif Bando.

Enam hal tersebut harus didukung oleh dasar yang kuat yakni kegemaran membaca. Para pengelola perpustakaan sekolah dan madrasah harus mampu memotivasi peserta didik untuk membaca cepat. “Letakkan kemampuan membaca yang baik di sekolah. Karena dunia berubah sangat cepat, sekarang kemampuan orang membaca kecepatannya 1.000 kata per menit dengan daya serap 90. Di sekolah kita begitu ga? Kalau di bawah itu, sudah ketinggalan banget. Jadi ini paradigma harus berubah betul,” pungkasnya.

Selain pengukuhan, kegiatan ini juga diisi dengan seminar yang menghadirkan narasumber para pengelola perpustakaan sekolah dan madrasah di Indonesia yang memberikan motivasi dan testimoni terkait pengembangan perpustakaan dan literasi.

Sementara itu, usai pengukuhan, Ketua Umum FPSMI Mulyanto mengaku pengembangan forum pengurus sekolah dan madrasah di berbagai daerah masih kurang optimal. Dia menjelaskan, kebanyakan pengurus forum berasal dari Jakarta dan Tangerang. “Kami akan mengoptimalkan di kepengurusan yang baru ini,” ujar mantan ketua umum FPSMI periode sebelumnya tersebut. Pengurus pusat FPSMI periode 2018-2022 dipilih dalam Seminar dan Musyawarah Nasional yang diselenggarakan di Jakarta pada 9 Oktober 2018. 

Berikut Pengurus Pusat FPSMI Periode 2018-2022: 

Ketua Umum                  : Mulyanto

Sekretaris Jenderal     : M. Ridwan

Ketua I                         : Sutomo

Ketua II                        : Rohmah Niken Hartani

Ketua III                       : Eva Fadliah

Sekretaris I                  : Nurita Siregar

Sekretaris II                 : Sri Wahyuningsih

Bendahara I                 : Febriana Purnamawati

Bendahara II                : Yunita

 

Komisi                         : 

Standardisasi & Akreditasi Perpustakaan Sekolah/Madrasah:

- Lukman Hakim

- Salapuddin

Pengembangan Organisasi dan Jaringan Kemitraan:

- Sumarsono

- Ida Mintaryatmi

Pengembangan Profesi:

- Ari Umu Hani

- Tinna Noviyanti

Humas & Media Komunikasi:

- Abdul Rohim Pamungkas

- Sulistiningsih

Pengelolaan & Pengembangan Usaha:

- Yenti

- Noor Rahmah Yuni Astuti

                         

 



Diunggah oleh admin (2018-12-06 18:34:25)